Cara Menggunakan TikTok untuk Pemula Agar Masuk FYP, Begini Tipsnya

"Gampang banget kok guys. Kalian hanya perlu menerapkan tutorial di bawah ini!"

Edukasi | 26 October 2022, 01:09
Cara Menggunakan TikTok untuk Pemula Agar Masuk FYP, Begini Tipsnya

TamanPendidikan.com - Cara menggunakan TikTok memang sudah banyak diketahui orang. Tetapi, mungkin masih ada yang belum tahu, terutama dari kalangan pengguna baru.

TikTok merupakan aplikasi Sosial Media yang menjadi budaya populer di Indonesia mulai awal tahun 2020 ini.

TikTok sendiri dalam pelafalan bahasa cina di sebut Douyin yang merupakan aplikasi video musik yang pada awalnya digunakan untuk hiburan lipsync lagu oleh penggunanya, aplikasi ini dari berasal dari negeri Tiongkok yang diciptakan oleh ByteDance tahun 2016.

Sebenarnya aplikasi TikTok bukanlah sosial media yang baru di Indonesia, karena pada beberapa tahun belakangan di tahun 2018 hingga 2019 TikTok sudah mulai dikenal di Indonesia.

Akan tetapi, pada saat itu TikTok kadung menjadi aplikasi digital berbasis video yang mengeluarkan output yang sifatnya membodohkan. Bahkan, fenomena internet mengamini itu saat pengguna mengetik ‘aplikasi bodoh’ pada kolom alamat yang kosong.

Puncaknya dari itu semua adalah saat TikTok diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, dengan alasan aplikasi tersebut memproduksi konten negatif, sehingga dirasa kurang ramah untuk anak-anak.

Setelah kalian mengetahui secara singkat tentang TikTok. Kini saatnya mimin bagikan tutorial cara menggunakan TikTok.

Cara Menggunakan TikTok

1. Unduh aplikasi TikTok di Google PlayStore atau App Store.
2. Setelah TikTok diinstall, buka aplikasi tersebut dan silahkah daftar menggunakan Facebook, nomor HP, email dan lain sebagainya.TamanPendidikan.com

YouTube Tiara Tanjung

3. Agar lebih mudah, mimin sarankan login menggunakan Facebook.
4. Jika sudah masuk ke tampilan TikTok. Kalian akan menemui beberapa menu di bawah layar ponsel Anda. Tentunya, menu-menu tersebut memiliki fungsinya masing-masing.TamanPendidikan.com

YouTube Tiara Tanjung

Gambar orang digunakan untuk melihat dan mengedit profil kalian seperti username, password dll. Sementara ikon ‘Kotak Masuk’ berfungsi untuk melihat notifikasi dari TikTok.

Kemudian, tombol ikon + digunakan untuk mengupload video kalian nantinya. Sedangkan, ikon pencarian bisa kalian gunakan untuk mencari akun orang lain yang kalian kepoin.

5. Jangan lupa, tambahkan gambar atau video buat profil kalian, dan jangan lupa isi Bio kalian supaya menarik.
TamanPendidikan.com

YouTube Tiara Tanjung
Saat bikin akun pertama kali, biasanya username kalian masih berupa deretan kode atau angka. Username ini bisa kalian ubah sesuai nama akun yang diinginkan.

Kalian juga bisa menambahkan link Instagram, YouTube dan Twitter ke profil TikTok kalian agar konten kalian bisa lebih terekspos. Ini berguna juga buat kalian yang pakai TikTok untuk mempromosikan bisnis atau brand.

6. Selesai. Kamu sekarang sudah bisa mulai bikin konten di TikTok.

Apabila kamu tidak tahu mau bikin konten seperti apa. Kalian bisa pergi ke tombol home. Nah, di sana kalian bisa mulai cari-cari ide mau bikin video TikTok apa. Dari video dan akun-akun yang disarankan, biasanya kalian mulai meniru apa sih yang lagi banyak dibikin orang.

Cara Membuat Video di TikTok

1. Klik tombol tambah (+) yang ada di bagian tengah layar HP Anda.
2. Setelah itu, kalian bisa milih ingin buat video yang berdurasi 15 atau 30 detik.TamanPendidikan.com

YouTube Asyifa Channel

3. Untuk menambahkan suara, kalian bisa klik tombol yang ada di bagian atas layar ponsel kamu.TamanPendidikan.com

YouTube Asyifa Channel

4. Jika sudah fix, tap tombol merah untuk merekam video.TamanPendidikan.com

YouTube Asyifa Channel

5. Lalu, klik ‘Selanjutnya’ kemudian beri keterangan video kalian sesuai keinginan.TamanPendidikan.com

YouTube Asyifa Channel

Agar konten yang dibuat muncul dan berhasil di FYP, maka harus menjadwalkan waktu unggah di jam-jam ramai TikTok yang terbagi menjadi 3 bagian seperti;

Siang hari pukul 12.00 - 13.00 WIB
Sore hari pada pukul 16.00 - 17.00 WIB
Malam hari pada pukul 19.00 - 23.00 WIB

Itu dia tutorial bagaimana cara menggunakan TikTok untuk pemula. Semoga ini bisa membantu dan terima kasih telah menyimak!


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network