Dipajang di Acara Hajatan, Pisang Raja Mentah Ini Dipilok Kuning Agar Terlihat Matang

"Dibantu oleh temannya, bapak itu mengecat pisang dari ujung atas hingga paling bawah, sementara temannya menutupi dengan kertas koran di belakangnya agar cat pilox tidak berceceran."

Viral | 15 November 2022, 04:33
Dipajang di Acara Hajatan, Pisang Raja Mentah Ini Dipilok Kuning Agar Terlihat Matang

TamanPendidikan.com - Salah satu kegiatan persiapan orang Jawa yang akan menyelenggarakan hajat menikahkan anaknya adalah tradisi memasang tarub, memasang bleketepe serta janur, memajang setundun pisang matang, dan beragam tradisi lainnya.

Di muka pintu masuk rumah bagian kanan dan kiri, biasanya diletakkan hiasan sepasang pisang suluhan. Pisang suluhan merupakan buah Pisang Raja yang sebagaian buahnya sudah masak secara alami (suluh). Tradisi ini juga sering disebut sebagai hiasan pisang tuwuhan (pisang utuh) karena pisang suluhan yang dipasang masih lengkap dengan daun, batang, bahkan akarnya.

Ada banyak jenis pisang raja yang bisa dipakai untuk upacara adat Jawa, namun menurut kepercayaan pisang Raja Talun adalah yang terbaik. Selain ukurannya yang besar, pisang Raja Talun termasuk jajaran pisang unggulan.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CkxLUGiDbwU/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Pisang yang dipajang tentunya harus matang, karena juga sebagai sajian bagi tamu yang datang. Namun tidak seperti yang terjadi dalam video yang diunggah oleh akun instagram @ rakyathumorr ini. Pisang yang dipajang di acara hajatan ini ternyata masih mentah. Namun agar terlihat matang, pisang ini pun dipilok kuning.

"Gedang dikarbit ❌, Gedang dipilox ✅," tulis dalam video. Dalam video tersebut terlihat seorang bapak bapak mengecat pisang yang masih mentah dengan menggunakan cat pilox berwarna kuning.

Nampak pisang di bawahnya yang belum di pilox masih berwarna hijau, menunjukkan bahwa pisang itu masih muda dan belum matang. Dibantu oleh temannya, bapak itu mengecat pisang dari ujung atas hingga paling bawah, sementara temannya menutupi dengan kertas koran di belakangnya agar cat pilox tidak berceceran.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CkxLUGiDbwU/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Pisang mentah lengkap dengan kembang jantung itu rupanya sedang dicat dan pasang di depan pagar pintu masuk yang juga terpasang janur kuning melengkung. Video tersebut kini mendapatkan 19 ribu lebih tanda suka dan beragam komentar dari warganet.

"yg nyomot auto kena prank 😂," ujar akun @ tretan_lanang.

"Padahal ijo juga gpp toh buat pajangan saja, tar selesai acara bisa dibikin kripik...," jawab akun @ joeta.naka_mc.

"Mending ijo ajaa..ngapain di pilok... kasian klo ada anak balita yg minta pisang eeehh trnyata pisang mentah, nangis ga tuhh," ungkap akun @ ismi_herliananda.

"Di kasih karbit semalam udah kuning sendiri.. kalo di pilox kan gak enak kalo di makan," jawab akun @ muhammad_wahyudi_al_banu.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CkxLUGiDbwU/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Jadi selama ini saya tertipu dengan pisang yg di gantung di tempat hajatan," jawab akun @ heri_kassei.

"Itu namanya prengezin orang paaaak 😢... beli cairannya ada itu.. tinggal disemprot ke pisang, lalu tutup karung dalam semalam, pas besok hari H pisang udah matang dan layak dimakan," jawab akun @ tonihaux.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network