Jelaskan Pengertian Senam Irama atau Ritmik, Ketahui Sejarah, Unsur, Jenis, Gerakan, serta Manfaatnya

"Apa itu senam irama atau ritmik? Ini adalah penjelasannya."

Edukasi | 17 November 2022, 04:40
Jelaskan Pengertian Senam Irama atau Ritmik, Ketahui Sejarah, Unsur, Jenis, Gerakan, serta Manfaatnya

TamanPendidikan.com - Senam irama atau senam ritmik dapat diartikan sebagai satu di antara cabang olahraga senam artistik yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai irama yang mengikutinya.

Senam irama atau senam ritmik adalah jenis senam yang memiliki bermacam-macam gerakan dan dilakukan seirama dengan musik yang mengiringinya.

Jadi, senam irama atau senam ritmik merupakan salah satu jenis senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik, nyanyian, atau ketukan dengan mengutamakan keselarasan gerak. Senam irama dapat dilakukan dengan atau tanpa alat.

Senam irama sendiri muncul dari gagasan Jean-Georges-Noverre pada 1727-1810, Francois Delsarte pada 1811-1871, dan Rudolf Bode pada 1881-1970.

Awal mula muncunlya senam irama ini dahulu bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis dan terakhir menjadi senam irama atau gimnastik ritmis.

Agar lebih mengerti tentang senam irama atau senam ritmik, maka simak penjelasan tentang jenis, gerakan, serta manfaat dari senam irama. Bagaimana cara melakukannya dan apa manfaat yang kita dapat setelah melakukannya.

Senam Irama atau Ritmik Menurut Para Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Sukarma

Senam ritmik adalah gerakan senam yang di lakukan dalam irama musik, atau latihan bebas yang di lakukan secara berirama.

Madijono

Senam irama adalah bentuk latihan jasmani yang dilakukan dengan gerakan fisik yang teratur, sistematis dan terencana sehingga dapat memperoleh manfaat yang baik untuk tubuh.

Heather C. Palmer

Senam ritmik merupakan olahraga yang membawa kesenangan serta  kegembiraan dalam bergerak dan memakai  irama musik.

Mahendra

Senam irama adalah bentuk aktivitas yang dimanfaatkan dalam pengembangan kemampuan gerak (motorability) dan komponen fisik.

Margono

Senam irama adalah latihan gerakan tubuh yang diciptakan secara terencana, telah disusun dan dipilih secara sistematis sehingga dapat mengembangkan dan membentuk pribadi yang harmonis.

Muhajir

Senam irama adalah sebuah aktivitas utama yang digunakan untuk pengembangan komponen gerak dan komponen fisik.

Peter H. Werner

Senam irama adalah bentuk latihan tubuh menggunakan lantai dan alat yang sudah dirancang untuk meningkatkan kelincahan, daya tahan tubuh, kontrol diri, kekuatan, koordinasi dan kelenturan tubuh.

Sejarah Senam Irama

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Pada awal mulainya sejarah senam ritmik tersebut berasal dari gagasan Jean Georges Noverre pada tahun  (1727 – 1810), Francois Delsarte (1811 – 1871), dan Rudolf Bode (1881 – 1970).

Tiga tokoh tersebut percaya akan pentingnya ekspresi gerak dimana seseorang menggunakan tubuhnya untuk menciptakan keindahan  dengan melalui rangkaian gerak tertentu.

Ide tersebut kemudian di kembangkan oleh Peter Henry Ling pada abad ke – 19 dalam suatu sistem latihan yang disebut Swedish System dari gerakan bebas yang selanjutnya  di promosikan sebagai "gymnastics estetis".

Kemudian, pada tahun 1900, semua jenis gaya tersebut di kombinasikan atau digabungkan di sekolah Gymnastics Rhymic Swedia lalu kemudian banyak juga sekolah–sekolah yang mengembangkan hal serupa.

Di tahun 1929, Hinrich Medau mendirikan sekolah di Berlin yang  kemudian menciptakan gagasan gymnastics modern yang mempunyai  perbedaan mendasar dari gaya sebelumnya, yaitu  Medau menciptakan suatu sistem gerak senam irama dengan menggunakan alat sehingga senam ini mulai terlihat berbeda dengan pertunjukan balet kontemporer, tari atau akrobat.

Kompetisi senam irama dimulai pada tahun 1940 di Rusia. FIG (organisasi senam dunia) memasukkan senam irama sebagai salah satu cabang senam pada tahun 1961.

Pertandingan internasional pertama kali dalam cabang ini adalah untuk atlet individual dimulai di Budapest pada tahun 1963, disamping  itu untuk pertandingan grup mulai ada kompetisi di Copenhagen, Denmark pada tahun 1967.

Senam ritmik atau irama mulai di selenggarakan dalam Olimpiade pada tahun 1984 di Los Angeles untuk atlet individu. Lalu untuk pertandingan grup mulai masuk pada tahun 1996 di Olimpiade Atlanta.

Unsur-unsur Senam Irama atau Ritmik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Pahami beberapa unsur dari senam irama atau ritmik di bawah ini agar anda dapat menerapkannya dengan benar:

1. Keseimbangan

Keseimbangan tubuh sangat diperlukan untuk mendukung ketika melakukan gerakan mengangkat satu kaki dan gerakan-gerakan yang lainnya.

2. Kelentukan

Kelentukan adalah gerakan yang diperlukan dalam senam irama, misalnya ketika  harus melakukan gerakan tangan ke atas, memutar pergelangan tangan atau memutar pinggul.

3. Fleksibilitas

Fleksibilitas sangat diperlukan agar gerakan yang dilakukan selalu cocok dengan tubuh.

4. Keluwesan

Saat melakukan gerakan dalam senam irama atau ritmik anda harus melakukannya dengan seluwes mungkin untuk menghindari risiko cedera.

5. Ketepatan dengan irama

Gerakan dalam senam irama harus dilakukan tepat dengan irama musik yang mengiringinya.

6. Kontinuitas

Senam irama atau ritmik harus dilakukan secara berkelanjutan mulai dari gerakan awal senam irama hingga selesai.

Jenis Senam Irama atau Ritmik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada lima jenis alat yang dapat digunakan untuk melakukan senam irama. Berikut ini adalah alat yang digunakan untuk melakukan senam irama, yaitu:

1. Senam irama dengan pita

Pita yang dipakai berasal dari bahan yang halus seperti kain satin. Gerakan senam dengan tongkat pita ini seperti mengayun, berbelit-belit seperti ular, membentuk angka 8, spiral, serta berbagai macam lemparan.

2. Senam irama dengan alat simpai

Simpai ini boleh dibuat dari bambu, kayu ataupun plastik. Gerakan yang biasa dilakukan dengan simpai yaitu dengan bergerak sambil memegang simpai memakai satu atau dua tangan. Simpai kemudian bisa dilemparkan, digelindingkan, atau digerakkan sesuai teknik lainnya.

3. Senam irama dengan bola

Bola yang dipakai adalah berukuran sedang, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Gerakan memakai bola diantaranya adalah dengan melempar bola ke atas dan menangkapnya kembali, atau bisa dengan menggelindingkan bola ke arah pesenam.

4. Senam irama dengan alat gada

Gada ini umumnya terbuat dari kayu ataupun plastik. Gerakan dengan alat gada pada jenis senam ini antara lain yaitu mengayun, melempar dan menangkap, memutar, memukul, dan gerakan lainnya.

5. Senam irama dengan alat tali

Tali yang dipakai merupakan tali dengan bahan halus. Panjangnya bisa disesuaikan dengan tinggi badan pesenam. Tali yang digunakan dimainkan dengan cara apapun, asalkan dikuasai penuh oleh pesenam.


Gerakan Senam Irama atau Ritmik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Senam irama adalah sebuah olahraga yang memiliki gerakan-gerakan yang khas. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis gerakan senam yang harus dikuasai saat melakukan senam irama, antara lain:

- Handstand.
- Headstand.
- Split.
- Kayang.
- Gerakan roll depan.
- Gerakan roll belakang.
- Salto depan.
- Salto belakang.
- Meroda.
- Sikap lilin.

Manfaat Senam Irama atau Ritmik

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

1. Dapat membakar lemak berlebih.
2. Meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru.
3. Menurunkan berat badan.
4. Meningkatkan kelentukan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, daya tahan.
5. Tubuh menjadi bugar dan hati tenang.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network