Viral

Cara Perkalian Bilangan Ratusan Gunakan Cara China dan India Ini Viral

Cara Perkalian Bilangan Ratusan Gunakan Cara China dan India Ini Viral

Dua formula perkalian bilangan ratusan dari India dan Cina diadu oleh dua bocah

TamanPendidikan.com - Matematika dinilai menjadi salah satu pelajaran krusial. Di pelajaran matematika terdapat banyak kemampuan yang harus dikuasai. Mulai dari pertambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, atau aljabar.

Formula mengerjakan soal demi soal matematika telah dikembangkan dengan berbagai cara guna mendapatkan jawaban yang benar. Banyak cara-cara menyelesaikan soal matematika yang tersebar di berbagai belahan dunia. Mulai dari cara konvensional sampai ke cara modern.

Dalam video yang dibagikan oleh akun instagram @ mathhtrick, tayangan tersebut memperlihatkan dua formula perkalian bilangan ratusan diadu. Formula yang diadu ini yakni cara China vs India.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/mathhtrick/

Video tersebut memperlihatkan dua anak perempuan sedang mempraktikan cara perkalian dengan cara China dan India di depan papan tulis. Soal yang  tertulis di papan yakni 106 X 108.

Di sebelah kanan perkalian yang dilakukan dengan cara India, sementara di sebelahnya menunjukkan cara perkalian dengan cara China. Saat melakukan perkalian, keduanya berlangsung secara bersamaan.

Perkalian cara China dilakukan dengan cara konvensional dengan perkalian turun. Sementara perkalian yang dilakukan India dengan cara simpel menyamping. Walaupun menunjukkan hasil sama, ternyata cara perkalian yang dilakukan dengan cara India sedikit lebih cepat dari pada cara perkalian China.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/mathhtrick/

Video tersebut viral dan kini pun ramai mendapatkan beragam komentar dari warganet dan disukai kurang lebih 20 ribu lebih oleh warganet.

"Tidak berfungsi untuk semua kombo angka," ujar akun @ kimberlyaronson

"Ganti 1 angka insyaa Allah bingung," tulis akun @ danahadiana_.

"di CHINA kami juga memiliki quick calc, tapi itu dalam kondisi khusus. video ini menunjukkan cara umum yang cocok untuk semua angka," ungkap akun @ malibaba1983.




Scroll to Top