Edukasi

Jelaskan Pengertian Seni Rupa Murni, Berikut Fungsi, Unsur serta Contohnya

Jelaskan Pengertian Seni Rupa Murni, Berikut Fungsi, Unsur serta Contohnya

Pahami penjelasan tentang seni rupa murni berikut ini!

TamanPendidikan.com - Seni rupa murni merupakan sebuah karya seni yang lebih mengutamakan nilai keindahan daripada nilai fungsinya.

Senada dengan definisi tersebut, Drs. Margono berpendapat bahwa seni rupa murni yaitu karya seni rupa yang hanya mengutamakan keindahan, bukan mengutamakan fungsinya.

Seni rupa murni merupakan sebuah sarana untuk mengekspresikan emosi dan perasaan serta bentuk luapan kreatifitas dari seorang seniman.

Jika melihat bahwa seni rupa murni dalah seni yang mengutamakan nilai keindahan, maka dalam mengekspresikan ide serta gagasannya tersebut para seniman tidak mengaitkan dengan kepentingan praktis atau kegunaanya.

Simaklah penjelasan-penjelasan tentang seni rupa murni berikut ini, agar Anda tahu apa saja fungsi hingga contoh-contohnya.

Seni Rupa Menurut Para Ahli

Coorie Hartong

Seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya. Seni rupa merupakan suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

Aristoteles

Seni rupa adalah hasil karya berdasarkan peniruan terhadap alam, namun memiliki sifat yang ideal.

Sussane K Langer

Seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Dengan kata lain, seni rupa merupakan proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

La Mery

Seni rupa adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah. Dengan kata lain, seni rupa adalah sesuatu yang menekankan pada keindahan.

Haukin

Seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan ke dalam sebuah benda. Seni rupa juga merupakan seni yang bertujuan untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan orang banyak.

Fungsi Seni Rupa Murni

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari seni rupa murni yang perlu dipahami, antara lain adalah:

1. Sarana Edukasi

Maksudnya adalah seni murni merupakan salah satu solusi untuk sebagai sarana edukasi atau pendidikan untuk seseorang. Seni ini dapat menyampaikan sebuah informasi yang tersirat maupun tersurta.

2. Sarana Komunikasi

Maksudnya adalah seni rupa juga merupakan sebuah bahasa universal yang digunakan untuk memberikan pesan kepada semua orang baik tersurat maupun tersirat.

3. Sarana Memenuhi Kebutuhan Emosional

Maksudnya adalah manusia bisa menggunakan peranan seni untuk menenangkan perasaan atau membahagiakan diri sendiri karena sifat keindahan dari seni itu sendiri.

4. Sarana Peribadatan

Maksudnya adalah banyak sekali seni rupa murni akan memunculkan rasa takjub dan membuat seseorang mengingat sang pencipta, misalnya adalah kaligrafi.

Unsur seni rupa

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa unsur yang membangun seni rupa, antara lain adalah:

1. Titik
Titik adalah dasar dari subuah unsur dari seni rupa. Titik berfungsi untuk menciptakan unsur lain dengan cara menderetkannya menjadi suatu garis.

2. Garis
Garis adalah hubungan antar titik yang menghasilkan guratan serba guna untuk membentuk unsur lain seperti bidang atau bentuk.

3. Bidang
Bidang adalah garis yang ujungnya saling bertemu dan membuat area tertutup, misalnya seperti lingkaran, segi tiga dan persegi.

4. Volume
Volume adalah bidang yang memiliki kesan tiga dimensi. Akan tetapi, volume itu tidak nyata seperti halnya pada karya dua dimensi lukisan, gambar, dan desain grafis.

5. Gelap Terang
Gelap terang adalah bagian yang sangat penting untuk diperhatikan agar karya yang kita buat seimbang, tidak terlalu terang dan menghilangkan detail atau terlalu gelap hingga pemirsa tidak dapat melihat detail.

6. Tekstur
Tekstur adalah bagaimana suatu permukaan dari suatu karya terasa saat diraba, namun pada karya 2 dimensi tekstur adalah semu.

7. Warna
Warna adalah unsur yang paling mencolok, terkadang hanya unsur ini yang diperhatikan oleh seseorang seniman dalam membuat suatu karya.

Contoh Seni Rupa Murni

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa contoh dari seni rupa yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah:

1. Seni Lukis

Karya seni lukis adalah sebuah karya seni yang menggunakan media kanvas yang mampu memberikan daya pikat yang begitu memukau banyak orang yang melihatnya.

2. Seni Grafis

Seni grafis adalah suatu seni dua dimensi yang menggunakan media kertas, baik itu menggunakan sistem teknik cetak atau menggunakan teknik printing.

3. Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi merupakan suatu akulturasi dari seni menulis yang begitu bagus dengan ayat-ayat suci yang ada di dalam Al Quran (kitab suci umat Islam).

4. Seni Ukir

Seni ukir adalah suatu seni yang bisa dibilang khas dari Indonesia dan memiliki nuansa yang begitu klasik sekaligus memukau bagi mata.

5. Seni Fotografi

Seni fotografi adalah sebuah seni yang memerlukan suatu alat bantu seperti kamera untuk bisa menghasilkan momen berharga.




Scroll to Top