Edukasi

Jelaskan Pengertian Biografi, Berikut Ciri, Struktur, dan Jenisnya

Jelaskan Pengertian Biografi, Berikut Ciri, Struktur, dan Jenisnya

Cermatilah ulasan tentang biografi berikut ini!

TamanPendidikan.com - Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios dan graphien. Kata bios berarti hidup dan gafrien berarti menulis, sehingga biografi merupakan tulisan yang berisi mengenai kehidupan seseorang yang biasanya memiliki dampak secara luas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan bahwa biografi merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.

Biografi biasanya juga berisi hal-hal penting dalam hidup tokoh yang membuatnya terkenal, baik melalui karya, prestasi dan pemikirannya yang dinarasikan secara detail.

Agar lebih mengerti tentang biografi, berikut ini simak pengertian biografi menurut para ahli, ciri-ciri hingga hingga struktur biografi.

Biografi Menurut Para Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Wahono

Biografi adalah cerita yang bersifat faktual, yang mana cerita tersebut ditulis sesuai fakta-fakta yang disampaikan oleh penulis. Fakta tersebut bisa berupa keistimewaan orang yang sedang ditulis biografinya, prestasi, ideologi dan prestasi lainnya.

Istiqomah

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang diceritakan lewat tulisan. Penulis dalam membuat biografi berperan sebagai orang ketiga. Dalam hal ini, penulis memiliki hak cipta atas karya tokoh yang dituliskan. Sedangkan, tokoh yang ditulis sebagai narasumber.

Toyidin

Biografi adalah riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Umumnya, orang-orang membaca biografi orang lain karena ingin tahu ideologinya, kehidupannya, perjuangannya, dan lain-lain. Hal-hal tersebut yang dianggap baik tentu diteladani dan dijadikan tolak ukur dirinya.

Ciri-ciri Biografi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah ciri-ciri dari biografi yang perlu anda pahami, antara lain adalah:

1. Memiliki Struktur Baku

Penulisan biografi sering kali dibuat dalam bentuk baku yaitu menggunakan Bahasa Indonesia dengan gaya formal.

2. Isi Tulisan

Isi tulisan dalam biografi adalah sebuah perjalanan hidup tokoh dari lahir, masa kecil, masa sekolah, kehidupan keluarga, hingga prestasi dari tokoh tersebut.

3. Gaya Penulisan

Gaya penulisan dalam biografi cenderung kaku atau baku. Akan tetapi juga bergantung pada tokoh yang diangkat atau ditulis.

4. Berisi Motivasi

Biografi mengandung motivasi untuk pembacanya agar bisa meniru dan menerapkan jejak seperti tokoh yang diangkat cerita hidupnya tersebut.

5. Memiliki Pesan Moral

Teks biografi memuat perjalanan hidup seorang tokoh dari awal kehidupan hingga sekarang atau akhir hayatnya bertujuan untuk memotivasi dan memberi pembelajaran bagi pembacanya.

Struktur Biografi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Perhatikan urutan struktur dari biografi di bawah ini agar anda bisa membuatnya dengan baik:

1. Orientasi

Orientasi adalah struktur yang memberikan gambaran awal tentang tokoh atau seseorang yang diangkat dalam teks biografi secara umum.

2. Urutan Peristiwa

Urutan Peristiwa adalah struktur yang terdiri dari rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu, meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami si tokoh.

3. Reorientasi

Reorientasi adalah struktur yang berisi komentar evaluatif atau kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah dijabarkan.

Jenis-jenis Biografi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa jenis biografi berikut ini, agar anda dapat membedakannya dengan benar:

1.  Jenis Biografi Berdasarkan Izin atau Sisi Penulisan

a. Authorized biography
b. Unauthorized biography

2. Jenis Biografi Berdasarkan Isinya

a. Biografi perjalanan hidup
b. Biografi perjalanan karir

3. Jenis Biografi Berdasarkan Bahan Penulisannya

a. Biografi jurnalistik
b. Biografi politik
c. Biografi intelektual

4. Jenis Biografi Berdasarkan Penerbitnya

a. Biografi buku subsidi
b. Biografi buku sendiri 




Scroll to Top