Jelaskan Pengertian Ihsan, Berikut Dalil, Tingkatan, dan Contohnya

"Perhatikan ulasan tentang Ihsan berikut ini!"

Edukasi | 30 November 2022, 03:00
Jelaskan Pengertian Ihsan, Berikut Dalil, Tingkatan, dan Contohnya

TamanPendidikan.com - Ihsan berasal dari kata kerja (fi’il) Hasuna-yahsunu-Hasanan, yang artinya baik. Sementara itu, berbuat baik bersal dari kalimat Ahsan-Yuhsinu-Ihsanan.

Seorang ulama, Jalaluddin As-Suyuthi memaknai ihsan adalah sebagai pelaksanaan kewajiban-kewajiban. Oleh sebagian ulama, ihsan juga diartikan sebagai kelapangan hati dalam memaafkan orang lain.

Sederhanannya, ihsan merupakan suatu perbuatan baik yang dilakukan seseorang. Allah SWT memerintahkan kepada umat-Nya untuk berperilaku ihsan. Hal tersebut tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 83.

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil, "Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Dan bertuturkatalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat." Tetapi kemudian kamu berpaling (mengingkari), kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang."

Agar lebih paham tentang Ihsan, baik dalil, tingkatan, hingga contoh-contohnya. Simaklah penjelasannya di bawah ini.

Dalil tentang Ihsan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Q.S Al-Qasash Ayat 77

Artinya:

"…dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan."

Q.S Al-Isra Ayat 24

Artinya:

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil."

Q.S An-Nahl Ayat 90

Artinya:

"Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran."

Tingkatan Ihsan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ihsan memiliki beberapa tingkatan yang dapat anda pahami, simak penjelasannya berikut ini:

1. Tingkatan Ihsan paling rendah

Tingkatan ihsan paling rendah ditempati oleh golongan orang yang beribadah bagaikan seorang pedagang. Artinya adalah segala sesuatu yang dilakukan dalam ibadahnya bertujuan untuk mencari keuntungan.

2. Tingkatan Muraqabah

Tingkatan ihsan berikutnya adalah muraqabah, tingkatan ini ditempati oleh golongan orang yang melakukan ibadah merasa seluruh gerak-geriknya dan getar hatinya diawasi oleh Allah SWT.

3. Tingkatan Musyahadah

Kemudian ada musyahadah, merupakan tingkayan ihsan yang ditempati oleh golongan orang yang melakukan ibadah seakan-akan selalu merasa, melihat, dan menyaksikan Allah SWT secara langsung.

Mereka yang berada dalam tingkatan tersebut, merasa Allah benar-benar hadir dalam setiap ibadah yang mereka lakukan.

Contoh-contoh Ihsan

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah beberapa contoh berperilaku Ihsan, antara lain sebagai berikut:

1. Ihsan pada Allah SWT

Ihsan kepada Allah maksudnya adalah senantiasa menyembah (beribadah) dengan sebaik-baiknya dan menghindari segala larangan-Nya.

2. Ihsan pada Manusia

Ihsan kepada manusia maksudnya adalah senantiasa berbuat baik kepada orang tua, anak yatim, fakir miskin, dan lainnya dengan cara mengasihi dan menjaganya.

3. Ihsan pada Makhluk

Ihsan kepada makhluk maksudnya adalah senantiasa berbut baik kepada hewan, tumbuhan, serta alam sekitar agar tetap lestari.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network