Petugas Kereta Di Amsterdam Central Station Ini Fasih Bahasa Jawa

"Kawin silang Solo dan Flores, Petugas kereta di Amsterdam Central Station ini fasih bahasa Jawa."

Viral | 04 December 2022, 02:30
Petugas Kereta Di Amsterdam Central Station Ini Fasih Bahasa Jawa

TamanPendidikan.com - Petugas kereta di Amsterdam Central Station ini fasih bahasa Jawa. Ia bercerita lahir di Londo Utara saat diajak berbincang oleh dua mahasiswa asal Indonesia..

Video petugas kerta di Amsterdam Central Station yang fasih bahasa Jawa ini diunggah oleh akun instagram @undercover.id. Dalam video tersebut terlihat seorang pria petugas kereta di Amsterdam Central Station tengah berdiri diajak ngobrol oleh dua orang mahasiswa yang tengah belajar di Belanda. Mereka ngobrol dengan bahasa jawa.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/undercover.id/

"Di Belanda sangat banyak warga keturunan Indonesia yang masih lancar berbahasa Jawa. Bapak ini saksi hidup menunjukkan banyaknya perspektif pada sejarah bangsa kita di masa lalu," tulis @undercover.id di narasi unggahannya mengutip @madenaraya.

Menurut penuturanya, pria tersebut merupakan generasi kedua keturunan Indonesia. Ayahnya dari Solo sedangkan Ibunya dari Flores. Namun lahirnya di Belanda Utara.

Orang tua dan pendahulunya tinggal di Belanda sejak tahun 1959 dikala kakeknya ikut KNIL, saat agresi militer. Leluhurnya mendapatkan pilihan tetap tinggal di Belanda atau pulang ke Indonesia.

Video tersebut pun ramai mendapatkan beragam komentar dari warganet.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/undercover.id/

"Ada jg video bapak' dibandara Schippol yg fasih bgt bhs Jawanya, sampai turis yg ngajak ngomong ga percaya 😂," ujar akun @ benito.siagian.

"Di schiphol penumpang berwajah INA udah bisa dikenali kali ya. Ngga usah bilang kita dari Indo, kadang ketemu petugas airport ngomg bhs Indonesia walau sekedar ungkapan2 dasar ke kita. Prnh pas mau boarding pesawat ke Istanbul, ada mas2 staf darat turkish airlines nyapa dg bhs Ind. Apa kabar, mau kemana ? Jadi kita2 yg mlongo heran 😅," ungkap akun @ m_lia_ka.

"Klo kata indo knil berarti orang Indonesia yg menjadi tentara Belanda. Agresi militer, knil yg berpihak Belanda dianggap ".......". Syukurlah bnyk orang Indonesia lawas di sana dan merasa masih Indonesia.," jawab akun @ alfina_du.

"seperti percakapan 2 bule lagi belajar bahasa jawa, sedikit maksain tapi aku bangga mereka ada effort pake bhs jawa," ujar akun @ handokoaseptri.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network