Jelaskan Pengertian Offside dalam Permainan Sepak Bola, Berikut Hakikat dan Aturannya

"Offside Adalah Istilah dalam Sepak Bola yang Mungkin Sering Anda Dengar. Nah, Begini Penjelasannya."

Edukasi | 08 December 2022, 02:33
Jelaskan Pengertian Offside dalam Permainan Sepak Bola, Berikut Hakikat dan Aturannya

TamanPendidikan.com - Sepakbola sebuah cabang olahraga yang sangat digemari oleh hampir semua lapisan masyarakat dunia.

Di Indonesia, sepakbola sudah sangat memasyarakat dari Sabang sampai Merauke, mulai dari anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Mereka bisa memainkan permainan sepakbola di mana saja, baik di lapangan sepakbola, sawah yang habis dipanen maupun tanah-tanah kosong yang bisa digunakan untuk bermain.

Mereka bermain sepakbola sangat sederhana tanpa wasit dengan menerapkan peraturan sebisanya/sederhana, tetapi  mereka tetap menunjukkan permainan sikap jujur saat melakukan kesalahan.

Lapangan tanpa garis, gawang dari batu atau pohon-pohon, tetapi mereka bisa bermain dengan senang tanpa ada perkelahian tetap menjunjung kejujuran dan persahabatan.

Hal ini karena mereka lakukan untuk rekreasi, mengisi waktu luang, bahkan untuk meningkatkan keterampilan walaupun tanpa pelatih.

Dalam sepak bola, kata ‘offside’ mungkin sering Anda dengar. Nah, berikut penjelasan mengenai offside.

Pengertian Offside

Dalam olah raga sepak bola, offside terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Biasanya offside digunakan para pemainbelakang sebagai bagian dari taktik untuk menjebak lawan.

Undang-undang FIFA juga menyatakan bahwa seorang pemain di luar area permainan atau offside, jika kemudian tersentuh bola atau menerima umpan bola dari rekan satu timnya, dengan keadaan pemain ini mendahului pemain terbelakang dari tim lawan serta saat pemain ini berada lebih dekat dengan garis gawang lawan setelah kiper.

Hakikat dan Peraturan Offside dalam Permainan Sepak Bola
TamanPendidikan.com

Foto dari Gramedia

Dalam permainan sepakbola, offside hal yang sangat krusial dalam sebuah permainan sepakbola baik ditingkat local, nasional, maupun internasional. Hal ini sering terjadi protes pemain terhadap wasit karena offside ini. 

Pemain yang berada pada posisi offside belum tentu dihukum pelanggaran offside. Pemain dikenai hukuman offside kalau pemain tersebut mengambil keuntungan dari berdiri offside-nya itu. 

Pemain yang berada pada posisi offside dikenai pelanggaran offside kalau pemain tersebut mengambil keuntungan dari posisinya itu. Bukan pelanggaran apabila hanya berada pada posisi offside. 

Seorang pemain berada pada posisi offside jika: Pemaian berada lebih dekat ke garis gawang lawan daripada bola dan pemain lawan yang kedua terakhir. Seorang pemain tidak berada pada posisi offside: 

1) berada pada daerah permainan sendiri, 
2) sejajar dgn pemain lawan yg kedua terakhir, dan 
3) sejajar dgn dua pemain lawan terakhir. 

Seorang pemain yang berada pada posisi offside dapat dihukum jika, pada saat itu bola menyentuh atau sedang dimainkan oleh seorang rekannya, pemain tersebut menurut pendapat wasit, terlibat aktif dalam permainan dengan : 

1) mencapuri jalannya permainan, 
2) mengganggu/menghalangi pemain lawan, dan 
3) memperoleh keuntungan dengan berada pada posisi offside. 

Pemain yang dikenai hukuman offside, maka timnya dikenai sanksi berupa tendangan bebas tidak langsung untuk pemain lawan dan dilaksanakan di tempat dimana terjadinya pelanggaran offside. 

Seorang pemain yang berada pada posisi offside, tidak melanggar ketentuan offside jika pemain menerima bola langsung dari: 

1) tendangan gawang (baik tendangan gawang timnya sendiri maupun lawan, 
2) lemparan ke dalam, dan 
3) tendangan sudut. 

Dengan demikian, tidak ada istilah offside bagi pemain yang berdiri pada posisi offside menerima bola langsug dari tendangan gawang, tendangan sudut, dan lemparan ke dalam.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network