Jelaskan Pengertian Tadarus Al-Quran, Ketahui Dalil serta Keutamaan Melaksanakannya

"Simak ulasan tentang Tadarus Al-Quran berikut ini!"

Edukasi | 09 December 2022, 04:15
Jelaskan Pengertian Tadarus Al-Quran, Ketahui Dalil serta Keutamaan Melaksanakannya

TamanPendidikan.com - Tadarus berasal dari kata darosa-yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran.

Namun, istilah tadarus Al-Quran sering kali didefinisikan sebagai sebuah majelis di mana para pesertanya membaca Al-Quran bergantian. Satu orang membaca dan yang lain menyimak.

Tadarus Al-Quran identik dan erat hubungaannya dengan bulan ramadhan. Biasanya umat muslim akan melaksanakan kegiatan tadarus selepas salat tarawih.

Tadarus Al-Quran jika diniatkan untuk menghidupkan malam Ramadan, maka mereka yang melaksanakannya akan menjadi wasilah memperoleh pahala dan syafaat di akhirat kelak.

Agar lebih memahami apa yang dimaksud dengan tadarus Al-Quran, apa saja dalil-dalil yang berhubungan dengan tadarus Al-Quran, serta apa saja keutamaan ketika kita melaksanakan tadarus Al-Quran. Simaklah ulasannya di bawah ini.

Dalil dan Hadits tentang Tadarus Al-Quran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Pembahasan tentang Tadarus Al-Quran juga tertuang dalam beberapa dalil dan hadits, di antaranya adalah sebagai sebagai berikut.

Q.S. Ali 'Imran ayat 164

Artinya:

"Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus diantara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab dan Al Hikmah. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu, mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata."

H.R. Al Bukhari

Artinya:

"Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al Quran."

H.R. Tirmidzi

Artinya:

"Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم 'Alif Lam Mim' itu satu huruf akan tetapi 'Alif' satu huruf, 'Lam' satu huruf dan 'Mim' satu huruf."

H.R. Muslim

Artinya:

"Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti."

Keutamaan Tadarus Al-Quran

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah beberapa keutamaan yang dapat kita petik ketika kita melaksanakan kegiatan Tadarus Al-Quran, antara lain:

1. Pahala akan dilipatgandakan.
2. Akan mendapat syafaat di hari kiamat.
3. Akan mendapat ketenangan hati serta pikiran.
4. Memperbaiki bacaan AL-Qur’an yang masih lemah.
5. Menjaga hafalan Al-Quran.
6. Dapat belajar memaknai dan mengamalkan isi Al-Quran.
7. Senantiasa menjalin ukhuwah islamiyah.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network