Jelaskan Pengertian Aurat, Berikut Dalil, Tujuan dan Batasannya

"Pahami ulasan tentang aurat di bawah ini!"

Edukasi | 20 December 2022, 02:40
Jelaskan Pengertian Aurat, Berikut Dalil, Tujuan dan Batasannya

TamanPendidikan.com - Secara bahasa, aurat memiliki arti kekurangan dan sesuatu yang dianggap buruk. Sementara itu, aurat menurut istilah adalah sesuatu yang wajib ditutup dan haram untuk dilihat, baik selama sholat maupun diluar sholat.

Menurut Islam, aurat adalah beberapa bagian anggota badan yang tidak boleh ditampakkan atau diperlihatkan oleh orang yang bukan muhrimnya.

Sederhananya, aurat merupakan bagian tubuh seseorang yang tidak boleh terlihat atau ditampakkan ketika sedang sholat serta diperlihatkan kepada orang yang bukan mahramnya.

Adapun batasan serta tujuan dalam menutup aurat yang perlu kita pahami. Simak ulasan di bawah ini untuk menambah wawasan tentang aurat.

Dalil Menutup Aurat

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Q.S. Al Mu'minun Ayat 5-6

Artinya:

"(Orang beriman) adalah orang yang menjaga kemaluan mereka. Kecuali kepada istri-istri mereka atau budak-budak wanita mereka, jika demikian maka mereka tidak tercela."

Q.S. Al-a'raf ayat 22

Artinya:

"Maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Rabb mereka menyeru mereka, “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan aku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?"

Q.S. Al-A'raf Ayat 31

Artinya:

"Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan."

Q.S. Al-Ahzab Ayat 59

Artinya:

"Wahai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang Mukmin, "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka!"

Q.S. Al-Maarij Ayat 29-30

Artinya:

"Dan orang-orang yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak-budak yang mereka miliki, maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tidak tercela."

Tujuan Menutup Aurat

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Adapun maksud dari perintah diharuskannya umat muslim untuk menutup aurat. Nah, berikut adalah beberapa tujuan dari menutut aurat, yaitu:

1. Akan menghindarkan dari dosa.
2. Wujud ketaatan kepada Allah SWT.
3. Akan menjadi identitas sebagai seorang Muslim.
4. Akan melindungi dari fitnah.
5. Akan terhindar dari penyakit.
6. Akan terlihat berbeda dengan makhluk lain.

Batasan Aurat

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Batasan aurat laki-laki dan perempuan tentunya berbeda. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Batas Aurat Laki-laki

Batas aurat dari laki laki adalah dari pusar sampai ke lutut. Namun, apabila bagian tersebut tampak, pada saat seorang pria sedang salat, maka salat tersebut masih dianggap sah dan tidak batal. Namun, Hadis Riwayat Bukhari menjelaskan pria disarankan untuk menutup bagian tersebut.

2. Batas Aurat Perempuan

Batas aurat pada perempuan adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan juga telapak tangan hingga pergelangan. Maka, selain bagian tubuh tersebut, tidak bisa dilihat oleh orang lain kecuali muhrimnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network