Jelaskan Pengertian Pengolahan, Ketahui Macam dan Manfaatnya

"Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti akan melakukan Pengolahan. Apa itu?"

Edukasi | 20 December 2022, 03:20
Jelaskan Pengertian Pengolahan, Ketahui Macam dan Manfaatnya

TamanPendidikan.com - Pengertian pengolahan adalah suatu perbuatan, cara, atau proses mengolah sesuatu hal baik itu makanan ataupun data. Pengolahan ini sendiri adalah kata imbuhan dari kata dasar olah. Imbuhan yang melekat pada kata ini berfungsi untuk menunjukkan proses.

Adapun pengertian dari kata olah sendiri adalah sesuatu kegiatan yang mengerjakan atau mengusahakan suatu barang dan lain sebagainya agar mencapai bentuk atau tahapan yang lebih sempurna.

Misalnya pengolahan yang terkait dengan seni, artinya pengolahan di sini boleh jadi adalah proses pembuatan karya seni dengan jalan mengolah bahan baku yang ada. Proses pengolahan ini mencakup banyak teknik tergantung pada jenis karya seni yang gendak dibuat oleh seniman.

Kata pengolahan ini sering dipertukarkan dengan kata pengelolaan padahal dalam industri apapun itu keduanya menunjuk pada tahapan yang berbeda.

Macam-Macam Pengolahan Dalam Kehidupan Sehari-Hari Manusia Beserta Manfaatnya

Secara garis besar, setiap aspek kehidupan memerlukan dan melakukan proses pengolahan. Pengolahan tidak hanya sekadar mengubah wujud dari sebuah benda menjadi benda lainnya saja. Pengolahan punya pengertian yang sangat luas dan juga terbagi dalam berbagai aspek kehidupan, diantaranya:

1. Pengolahan Bahan Makanan
Pengolahan bahan makanan pasti kita lakukan setiap hari, dimana dari yang awalnya bahan mentah menjadi bermacam-macam varian masakan yang khas, sehingga bisa kita makan.

2. Pengolahan Bahan Limbah
Contoh paling bagus dari pengolahan bahan llimbah adalah dimana yang tadinya hanya sebagai barang tak berguna atau sampah, kemudian menjadi hal yang memiliki nilai tinggi.

3. Pengolahan Jasmani
Pengolahan jasmani akan terjadi ketika kamu memiliki keinginan untuk mengelola masa otot demi membuat tubuh menjadi bugar, sehat dan lain-lain.

4. Pengolahan Dalam Pikiran
Maksudnya di sini adalah kita perlu mencermati setiap hal yang akan terjadi sebelum memutuskan sesuatu untuk diri sendiri atau orang lain.

Semua pengolahan yang disebutkan di atas tidak akan selalu terjadi selama kita masih hidup. Tetapi, perlu diketaui bahwa hasil dari pengolahan tersebut tidak selalu positif. Semua itu tergantung kepada tujuan awal dan juga karakter yang kita miliki.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network