Jelaskan Pengertian Hadas, Ketahui Jenis, Cara Menyucikan, dan Perbedaannya dengan Najis

"Ingin Belajar Tentang Hadas? Yuk disimak artikel ini."

Edukasi | 27 December 2022, 02:48
Jelaskan Pengertian Hadas, Ketahui Jenis, Cara Menyucikan, dan Perbedaannya dengan Najis

TamanPendidikan.com - Hadas adalah segala sesuatu yang dapat menyebabkan batalnya wudhu/tayamum, sehingga menyebabkan tidak sahnya shalat. Jenis hadas dibagi menjadi dua, yaitu hadas kecil dan hadas besar:

1) Hadas kecil: seseorang dianggap mempunyai hadas kecil disebabkan oleh buang air besar, buang air kecil dan kentut. Cara menyucikan diri dari hadas kecil dengn berwudhu atau tayamum.

2) Hadas besar: seseorang dianggap mempunyai hadas besar disebabkan oleh haid, nifas, junub dan mengeluarkan air mani.

Cara menyucikannya dengan mandi mandi besar. Bila tidak memungkinkan mandi boleh juga dengan tayamum. Hadas besar atau hadas kecil menjadi penyebab tidak sahnya shalat.

Perbedaan Hadas dan Najis

Dari uraian singkat tentang hadas dan najis seperti di atas, berikut akan dijelaskan mengenai perbedaan antara hadas dan najis. Untuk lebih memudahkan kalian membedakan antara hadas dan najis, perhatikan poin-poin perbedaan seperti berikut:

a. Dari Segi Definisi Atau Pengertiannya

Kedua istilah itu jelas berbeda. Hadas adalah suatu keadaan tidak suci yang menyebabkan seseorang tidak boleh melaksanakan shalat, tawaf, atau yang lainnya.

Sedangkan najis adalah suatu keadaan kotor (tidak suci) yang menjadi sebab terhalangnya seseorang melaksanakan ibadah kepada Allah.

b. Dilihat Dari Contohnya

Kedua istilah itu juga berbeda. Contoh hadas misalnya keluarnya sesuatu dari dua “pintu” manusia (qubul dan dubur) atau seorang laki-laki bersentuhan dengan seorang perempuan yang bukan muhrim. Adapun contoh najis adalah air kencing, air liur anjing, bangkai, dan lain sebagainya.

c. Dilihat dari Segi Bentuknya Keduanya Juga Berbeda

Bentuk hadas terletak pada proses yang dilakukan oleh seseorang, seperti buang air besar atau kecil, bersentuhan, berhubungan suami-isteri, dan lainnya.

Sedangkan bentuk najis bukan pada proses, tetapi pada benda atau barangnya, seperti air kencing, tinja, kotoran binatang, dan sebagainya.

d. Dilihat dari Segi Macam-Macamnya, Hadas dan Najis Juga Berbeda

Macam hadas ada dua, yaitu hadas besar dan hadas kecil. Sedang macam najis, ada yang membaginya menjadi tiga, yaitu najis mukhaffafah, najis mughallazhah, dan najis mutawasithah, serta ada juga yang membaginya menjadi najis ‘ainiyah dan najis hukmiyah.

e. Dilihat Dari Cara Membersihkannya, Keduanya Jelas Berbeda

Hadas dapat dibersihkan dengan wudlu dan tayammum (untuk hadas kecil) atau dengan mandi wajib (untuk hadas besar). Sedangkan najis dapat dibersihkan dengan bersuci, yakni dengan menghilangkan bentuk najisnya misalnya dengan air suci, batu, tanah, tissu, atau dengan benda-benda suci lainnya yang sejenis. 

Meskipun hadas dan najis berbeda dalam berbagai aspek seperti di atas, namun keduanya sama-sama termasuk bagian dari thaharah (bersuci).


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network