Jelaskan Pengertian Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa, Berikut Arti, Fungsi, dan Prinsipnya

"Perhatikan ulasannya berikut ini!"

Edukasi | 28 December 2022, 03:10
Jelaskan Pengertian Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa, Berikut Arti, Fungsi, dan Prinsipnya

TamanPendidikan.com - Secara etimologi atau asal-usul bahasa, kata-kata Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno. Jika diartikan secara harfiah, Bhinneka berarti beragam atau bermacam-macam, Tunggal bermakna satu, Ika adalah itu.

Jadi, Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda-beda tetap satu jua. Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa Indonesia dan tertulis di dalam lambang Garuda.

Bhineka Tunggal Ika merupakan sebuah semboyan yang menggambarkan bukti banyak keanekaragaman dari bangsa Indonesia, namun tetap saling menghargai satu sama lain.

Perbedaan bukan sebab untuk saling memecah belah ikatan persaudaraan sesama bangsa Indonesia. Walaupun berbeda-beda, bangsa Indonesia tetap satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut merupakan makna dari Bhinneka Tunggal Ika.

Arti Bhineka Tunggal Ika

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Pada dasarnya ada tiga arti utama dari Bhineka Tunggal Ika yang perlu dipahami, berikut penjelasannya:

1. Benteng Persatuan Bangsa Indonesia

Bhinneka Tunggal Ika menjadi bagian dari benteng persatuan bangsa dan negara Indonesia di era globalisasi. Pasalnya, saat ini banyak kalangan yang menilai bangsa Indonesia mengalami kemunduran persatuan dan kesatuan.

2. Pendorong Lahirnya Nasionalisme Indonesia

Pendorong lahirnya nasionalisme di sini adalah bahwa bangsa dan negara Indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa yang memiliki kebudayaan, adat-istiadat, serta kepulauan wilayah negara Indonesia yang bermacam-macam.

Akan tetapi, semua itu merupakan suatu persatuan, yaitu bangsa dan negara Indonesia. Hal tersebut yang justru memperkaya sifat dan makna persatuan bangsa dan negara Indonesia.

3. Penyemangat Membangun Indonesia Lebih Maju

Penyemangat membangun Indonesia lebih maju maksudnya bahwa Bhinneka Tuggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Fungsi Bhineka Tunggal Ika

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Sebagai semboyan bangsa Bhineka Tunggal Ika juga memiliki fungsi penting lainya, antara lain adalah:

1. Benteng perdamaian Indonesia.
2. Rambu-rambu peraturan dan kebijakan negara.
3. Sebagai dorongan untuk mewujudkan cita-cita leluhur bangsa.
4. Membangun kehidupan nasional yang toleran.
5. Menciptakan dan menjaga kesatuan Republik Indonesia.

Prinsip Bhineka Tunggal Ika

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Selain menjadi semboyan bangsa, Bhinneka Tunggal Ika juga memiliki empat prinsip penting di dalamnya, yaitu:

1. Bersifat inklusif

Maksudnya dari bersifat inklusif adalah Bhinneka Tunggal Ika menjadi pedoman untuk masyarakat agar bisa hidup harmonis dan saling menjaga toleransi, sehingga persatuan dan kesatuan Indonesia semakin kuat. 

2. Common denominator

Maksud dari common denominator adalah Bhineka Tunggal Ika dijadikan cara untuk mencari prinsip yang sama dalam setiap keberagaman agama, budaya, ras dan bahasa.

3. Bersifat kovergen

Maksud dari bersifat kovergen adalah Bhineka Tunggal Ika memiliki keberagaman suku, agama, ras dan bahasa seharusnya tidak untuk dibesar-besarkan, melainkan harus dijadikan dasar untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan.

4. Bersifat universal

Maksud dari bersifat universal adalah Bhineka Tunggal Ika harus diterapkan di seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali demi menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network