Cara Menggunakan NFC untuk Kartu ATM, Cek Saldo Lebih Mudah

"Perhatikan caranya di bawah ini!"

Edukasi | 28 December 2022, 05:00
Cara Menggunakan NFC untuk Kartu ATM, Cek Saldo Lebih Mudah

TamanPendidikan.com - Cara menggunakan NFC sangat penting untuk diketahui di masa kini. NFC merupakan singkatan dari near field communication. NFC adalah protokol untuk menghubungkan dua buah perangkat elektronik yang berada dalam jarak sangat dekat, paling jauh 4 cm.

Ada beberapa fungsi lain yang dapat dimanfaatkan dari NFC, antara lain adalah memasangkan dua gadget agar bisa bertukar data. Tak hanya antar ponsel, tetapi juga antara ponsel dengan printer, ponsel dengan kamera, ponsel dengan perangkat audio, dan lain-lain.

NFC mampu mentransfer data secara nirkabel seperti memberikan kemudahan untuk mentransfer file, konten, atau data apa pun yang di HP ke gadget lain.

Selain itu, ada fungsi kontrol gadget smart home. Jadi, anda dapat menyetel tag NFC ke gadget smart home untuk kemudahan mengontrol perangkat atau otomatisasi lewat NFC dengan aplikasi Android yang sesuai.

NFC memiliki beberapa kelebihan antara lain tidak perlu membutuhkan daya yang sangat besar saat menggunakannya dan juga kecepatan tersambungnya perangkat di fitur ini juga sangat cepat sekali, bahkan bisa dikata kurang dari 10 detik.

Akan tetapi, NFC juga memiliki kekurangan. Jadi, jika dibandingkan dengan Bluetooth, kecepatan transfer NFC lebih lambat. Selain itu belum semua smartphone memiliki fitur ini meski pengguna smartphone sudah banyak, sehingga kurang maksimal dibanding dengan Bluetooth yang ada pada setiap smartphone bahkan smartphone keluaran lama sudah ada.

Lebih dari itu, NFC bisa digunakan sebagai medium mengirimkan kontak antar smartphone, selama 2 smartphone yang terlibat sudah memiliki NFC. Agar memudahkan Anda, maka simak cara menggunakan NFC pada Samsung berikut ini.

Cara Cek Saldo Kartu ATM dengan Fitur NFC

1. Silahkan unduh dan install aplikasi cek saldo di Play Store.

TamanPendidikan.com

YouTube: INAZUMA OFFICIAL

2. Aktifkan fitur NFC.

TamanPendidikan.com

YouTube: INAZUMA OFFICIAL

3. Tempelkan kartu ATM ke HP anda.

TamanPendidikan.com

YouTube: INAZUMA OFFICIAL

4. Saldo berhasil terdeteksi.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network