Cara Menggunakan PostgreSQL di Windows, Belajar Program untuk Pemula

"Perhatikan caranya berikut ini!"

Edukasi | 29 December 2022, 02:00
Cara Menggunakan PostgreSQL di Windows, Belajar Program untuk Pemula

TamanPendidikan.com - PostgreSQL adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang bersifat open source. PostgreSQL merupakan database yang punya segudang fitur canggih untuk membuat pengelolaan data lebih mudah.

Manajemen database di dalam PostgreSQL dapat mengolah data dalam tabel yang memiliki relasi satu sama lain dan dapat digunakan secara gratis serta bebas dimodifikasi.

PostgreSQL dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department, PostgreSQL telah menjadi database yang diandalkan dalam 30 tahun terakhir ini.

Sistem manajemen database pada PostgreSQL memiliki performa stabil, keamanan tinggi, serta fitur melimpah. PostgreSQL adalah database yang banyak digunakan pada web app, aplikasi mobile, dan aplikasi analytics.

Itulah kenapa aplikasi yang membutuhkan pengolahan data yang lebih kompleks akan lebih cocok menggunakan postgreSQL.

PostgreSQL dapat berjalan di semua sistem operasi termasuk (Linux, UNIX (AIX, BSD, HP-UX, SGI IRIX, Mac OS X, Solaris, Tru64), and Windows.

PostgreSQL mendukung sebagian besar dari standar SQL dan menawarkan banyak fitur modern seperti Complex SQL queries, SQL Sub-selects, Foreign keys, Trigger, Views, Transactions, Multiversion concurrency control (MVCC), Streaming Replication (as of 9.0), dan Hot Standby (as of 9.0).

Adapun kelebihan dari PostgreSQL adalah memiliki arsitektur multiproses (forking), PostgreSQL menyediakan hampir seluruh fitur-fitur database, dan PostgreSQL memberikan kita kemampuan mendefinisikan sebuah field sebagai array.

Selain kelebihan, PostgreSQL juga memiliki beberapa kekurangan antara lain seperti Kurang fokus dalam hal kelangsingan dan kecepatan, kurang unggul dalam hal ketersediaan fungsi built-in, dan kurang begitu populer dan cocok bekerja di lingkungan web jika dibandingkan dengan mysql.

Agar lebih paham bagaimana cara menggunakan PostgreSQL, silahkan simak penjelasan menggenai PostgreSQL di windows berikut ini.

Cara unduh dan pasang PostgreSQL di Windows

1. Buka google kemudian ketik pgsql download.

TamanPendidikan.com

YouTube: Nico Dwi Novianto

2. Pilih logo windows.

TamanPendidikan.com

YouTube: Nico Dwi Novianto

3. Silahkan pilih versi, kemudian download.

TamanPendidikan.com

YouTube: Nico Dwi Novianto

Setelah selesai, silahkan lakukan penginstallan.

4. Klik file, lalu lakukan proses install PostgreSQL.

5. PostgreSQL siap digunakan.

TamanPendidikan.com

YouTube: Nico Dwi Novianto


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network