Jelaskan Pengertian Musik Barat, Berikut Ciri, Jenis, Tujuan, dan Bentuk Pertunjukannya

"Apakah kamu merupakan penyuka musik barat?"

Edukasi | 07 January 2023, 07:34
Jelaskan Pengertian Musik Barat, Berikut Ciri, Jenis, Tujuan, dan Bentuk Pertunjukannya

TamanPendidikan.com - Musik hadir dan dihadirkan oleh manusia, baik secara personal maupun kolektif. Kata “musik” (music) itu sendiri berasal dari akar kata Yunani yaitu muse. Musik dibuat oleh manusia yang terkonstruksi menjadi salah satu unsur kebudayaan.

Menurut seorang filusuf dari Yunani yaitu Plato, ia memandang musik memiliki peranan yang kuat dalam negara karena memiliki daya magis seperti semangat juang, keberanian, dan kebaikan bagi warga negara.

Mengkorelasikan pernyataan Plato, perlu adanya pembelajaran musik bagi masyarakat guna mencapai sebuah keindahan dalam negara (kehidupan sosial).

Pengertian Musik Barat

Musik barat adalah jenis musik yang berasal dari Negara Barat, musik ini sangat berkembang di negara timur termasuk Indonesia. Musik ini bisa  dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan, politik, hiburan, agama, kesehatan dan yang lain-lain.

Bentuk-Bentuk Pertunjukan Musik Barat

1. Pertunjukan Musik Tunggal

Yaitu bentuk pertunjukan musik yang hanya menampilkan seorang musikus dalam bernyanyi ataupun dalam memainkan alat musik tertentu.

Sebagai contoh, apabila kalian mempertunjukan seni vocal seorang diri, mempertunjukan permainan gitar seorang diri, mempertunjukan piano seorang diri, mempertunjukan seni musi organ, biola, saksopon, drum, dan lain sebagainya secara mempertunjukan seni musik tersebut seorang diri.

2. Pertunjukan Kelompok Musik Terbatas

Pertunjukan musik terbatas adalah pertunjukan seni musik dari sekelompok pemusik, baik itu musik vocal dalam bentuk duet , trio, kuartet, kuintet atau paduan suara (koor), atau pertunjukan musik dari sekelompok pemusik yang mempertunjukan permainan alat musik sampai dengan bentuk kelompok ansambel terbatas.

Sifat dari pertunjukan musik seperti ini tidak jauh berbeda dari pertunjukan musik sebelumnya, yakni terkesan formal dan penonton harus benar-benar disiplin.

3. Pertunjukan Musik Orchestra

Pertunjukan musik Orchestra pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai sekelompok musisi yang memainkan alat musik klasik bersama-sama. Sebuah orkestra bahkan bisa memiliki lebih dari seratus pemusik, bisa kalian bayangkan, banyak sekali bukan?.

Orkestra besar dikenal sebagai orkestra simfoni atau orkestra philharmonic, sedangkan orkestra kecil dengan tiga puluh sampai empat puluh pemain musik dikenal sebagai orkestra kamar.

Kalian juga harus tahu bahwa Orkestra itu umumnya dipimpin oleh seorang konduktor yang mengarahkan pertunjukan dengan gerakan-gerakan tangannya.

Tujuan Musik Barat
Pertunjukan musik barat dalam memiliki beberapa tujuan:

1. Media Religius

Pertunjukan musik barat media Religius adalah, musik yang diciptakan dan dipertunjukan pada acara-acara khusus agar mampu meningkatkan keyakinan mereka dalam melaksanakan kegiatan upacara keagamaan.

2. Media Simbolis

Pertunjukan musik barat Tujuan simbolis adalah pertunjukan seni musik yang dalam sajian atau pertunjukannya bertujuan untuk menanamkan penghormatan pada simbol -simbol kebanggaan terhadap sesuatu yang besar, seperti bangsa dan negara.

Sebagai contoh pertunjukan seni musik yang membawakan lagu-lagu kebangsaan, lagu-lagu perjuangan, lagu organisasi/perkumpulan tertentu, lagu-lagu pujian untuk pahlawan, dan sejenisnya.

3. Pendidikan Karakter

Dengan pertunjukan seni musik, nilai-nilai moral dan etika ditanamkan kepada penikmat seni. Pendidikan karakter seperti perilaku sopan, halus, hormat kepada orang tua, cinta keindahan, menyayangi tanaman dan binatang, patuh kepada guru, norma-norma kehidupan bermasyarakat, bahkan ditanamkan melalui pertunjukan musik.

4. Media Kreatif

Pertunjukan seni Musik juga disajikan dengan tujuan untuk unjuk dan uji kreativitas. Pertunjukan musik ini sekaligus untuk uji kreativitas, apakah karya pertunjukan seni musik yang ditampilkan mendapat sambutan atau tidak.

5. Rekreatif

Tujuan rekreatif adalah tujuan untuk mencari dan memberikan hiburan. Salah satu tujuan pertunjukan seni musik adalah tujuan rekreatif, yaitu untuk tujuan hiburan. Karya pertunjukan seni musik yang penyajiannya semata untuk hiburan.

6. Tujuan Komersial

Pertunjukan seni musik ini bertujuan untuk memperoleh keuntungan finansial, baik bagi penciptanya, penyanyinya, maupun penyelenggaranya.

Untuk tujuan komersial ini, pertunjukan seni musik dapat disajikan dan dipertunjukkan di atas panggung indoor atau outdoor, bisa pula dengan penyajian melalui rekaman audio, video, atau audio visual.

Ciri-ciri Musik Barat
Berikut ciri-ciri dari sebuah musik barat, antara lain:

• Mengunakan lirik yang berbahasa nasional/ internasional, seperti; bahasa Inggris, dsb.
• Memilik tempo yang sangat cepat dan kencang.
• Musik barat diiringi dengan menggunakan alat musik modern.
• Menggunakan berbagai macam bentuk sentuhan dari teknologi modern yang memberikan pengaruh terhadap musiknya.
• Secara umum musik barat terdiri dari tangga nada (do, re, mi).
• Gaya musik barat bersifat bebas dan tidak terikat terhadap berbagai macam bentuk aturan.
• Musik yang diproduksi untuk dikomersilkan dan mendapat keuntungan.

Jenis Musik Barat
Musik barat mempunyai berbagai jenis, antara lain sebagai berikut :

1. Blues

Blues adalah  suatu aliran musik vokal dan instrumental yang lahir dari Amerika Serikat (AS). Musik blues bersumber dari musik spiritual serta  pujian yang timbul dari komunitas mantan budak Afrika di AS.

Musik blues mempunyai  pengaruh yang sangat tinggi terhadap musik populer di Amerika serta  Barat. Contohnya adalah dalam aliran ragtime, jazz, rhythm and blues, rock and roll, hip – hop, serta  country dan lagu pop konvensional.

Ciri permainan dari musik blues sangat menyerupai dengan musik jazz, dan yang  dapat membedakan adalah pada tempo serta  penonjolan unsur melodinya.

Musik blues memiliki  tempo  yang slow, pada lagu serta  permainan gitar lebih menonjol, sedangkan untuk instrumen lain terlihat hanya sebagai pelengkap saja.

2. Country

Musik country adalah percampuran dari unsur musik Amerika yang bersumber dari Amerika Serikat bagian Selatan dan juga Pegunungan Applachia. Musik ini bersumber dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel dan perkembangannya sejak pada tahun 1920an.

Ciri khas dari  musik country yaitu adalah pada pemakaian alternasi bas atau bass berganti di sela – sela strumming. Apabila  memainkan aktor C contohnya, maka bas C dan G di bunyikan dengan  secara bergantian dengan strumming tetap di akor C.

Alat musik yang digunakan pada  musik country biasanya adalah gitar, biola, steel guitar, dobro, harmonika, gitar bass, serta fiddle ( biola ), drum, mandolin dan banjo.

3. Emo

Emo adalah jenis musik cork yang memiliki  ciri khas yang melodius, di iringi dengan  lirik yang ekspresif serta  berisikan pengakuan. Alat musik yang digunakan  adalah vokal, gitar listrik, gitar bass dan juga  drum.

4. Metal

Metal adalah  aliran musik rock yang telah  ada sejak 1970an. Aliran ini menonjolkan gitar yang sangat banyak. Metal memiliki  subgenre seperti:

5. Trash Metal dan Speed Metal

• Grunge
• Folk Metal
• Melodic Death Metal
• DeathCore
• Death Metal
• Black Metal
• Alternative Metal

6. Hip Hop

Hip Hop merupakan  suatu gerakan kebudayaan yang tumbuh sejak  pada tahun 1970an yang dibudayakan oleh masyarakat Afro – Amerika dan Latin – Amerika.

Hip Hop merupakan  percampuran yang dinamis antara elemen – elemen yang terdiri atas  MCing ( Rapping ), DJing, Breakdance dan Graffiti.

Seiring  pada berkembanya Hip Hop juga diberi warna seperti beatboxing, fashion, bahasa slang setya  gaya hidup lainnya. Adapun subgenre dari Hip Hop antara lain sebagai berikut :

• Miami Bass
• Hardcore Hip Hop
• Rapcore
• Electro

7. Jazz

Jazz adalah sebuah  aliran musik yang lahir dari Amerika Serikat  sekitar pada  awal abad ke–20 dengan sumbernya  yaitu percampuran dari musik Afrika dan Eropa.

Ciri khas  dari musik jazz adalah vokal serta  lirik yang  lebih mengarah sebagai bagian dari bunyi instrumen, harmoni yang rumit serta  memiliki  tonalitas yang luas dan juga sering terjadi modulasi serta ritme dan  melodi yang memiliki  kecenderungan improvisatif.

Elemen penting pada  music jazz yaitu blue notes, improvisasi, polyrhyrthms, sinkopasi, dan  shuffle note. Alat musik yang dgunakan i pada music  jazz adalah Gitar, Gitar bass, serta saksofon, trombon, piano, dan juga  klarinet, terompet, double bass, drum, dan vokal.

8. Musik Klasik

Musik klasik adalah  jenis musik yang dibuat dalam seni, atau berakar dalam, tradisi musik liturgi Barat dan juga Sekuler.

Ciri – ciri music dari  klasik didominasi dengan musik gesek dan tiup, lalu tidak menggunakan  beat ( drum–set ) secara konstan serta  tidak mengedepankan ritme pada  melodi dan harmoni. Alat musik yang diguinakan pada music klasik  adalah Harpsichord, Piano, Biola ( violin ), Brass, dan Cello atau Bass Violin.

9. Pop

Musik populer atau musik pop yaitu merupakan nama untuk aliran musik yang dikenal luas oleh pendengarnya serta  bersifat komersial.

Musik populer pada awalnya berkembang di Amerika Serikat  pada  tahun 1920 yangmana rekaman pertama kali di buat menurut penemuan dari  Thomas Edison, yang dikategorikan dengan musik klasik, musik jazzz, musik tradisional, musik blues, kemudian  berkembang juga di negara lain di dunia.

10. R & B

R&B  atau ( Rhythem and blues atau ritem dan blues ) adalah  genre musik populer yang menyatukan antara jazz, gospel, dan blues.

Musik ini pada awalnya diperkenalkan oleh seorang  pemusik Afrika – Amerika. Pada tahun 1948, perusahaan rekaman RCA Victor menjual musik kaum kulit hitam yang dinamakan dengan Blues and Rhythm.

11. Reggae

Reggae merupakan  irama musik yang berkembang di Jamaika. Reggae berdiri pada saat  gaya irama yang memiliki  karakter mulut prajurit tunggakan pukulan, yang dikenal dengan “ skank ”, bermain oleh irama gitar, serta  pemukul drum bass diatas tiga pukulan setiap ukuran, dikenal dengan sebutan “ Sekali mengeluarkan ”.

Karakteristiknya di pukul dengan  lambat dari reggae pendahuluan, ska dan  juga rocksteady. Alat yang gunajan  adalah drum, bass, guitar, dan juga  keyboard.

12. Rock

Musik rock yaitu merupakan  genre musik populer yang banyak di kenal di  sekitar pertengahan tahun 50 – an. Bunyi khas dari musik rock sekitar gitar listrik atau gitar akustik serta  menggunakan  back beat yang sangat ketara pada rhythm section dengan gitar bass serta  drum dan juga kiboar seperti organ, piano atau sejak tahun 70 – an, synthesizer.

Selain itu  gitar atau kibor, saksofon dan juga  harmonika dengan gaya blues kadang digunakan  sebagai instrumen musik solo.

Dalam bentuk murninya, musik rock mempunyai  tiga chords, backbeat yang konsisten dan juga  menonjol serta  melody yang menarik. Alat yang digunakan  adalah Gitar elektrik, gitar bass, drum serta  kiboard.

13. Swing

Swing merupakan jenis musik baru  yang merupakan turunan dari musik populer. Ciri khas dari musik swing adalah swing yang selalu di nyanyikan dengan nada – nada yang mendayu–dayu. Musik swing di nyanyikan dengan sangat santai dan juga  hampir tidak ada ekspresi.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network