Jelaskan Pengertian Media, Berikut Jenis dan Fungsinya

"Ketahui Juga Pendapat Para Ahli Tentang Pengertian Media."

Edukasi | 13 January 2023, 03:32
Jelaskan Pengertian Media, Berikut Jenis dan Fungsinya

TamanPendidikan.com - Pengertian Media adalah alat saluran komunikasi. Kata media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak kata medium. Secara harfiah, media berarti perantara, yaitu perantara antara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver).

Beberapa hal yang termasuk ke dalam media adalah film, televise, diagram, media cetak (printed material), computer, dan lai sebagainya.

Media merupakan alat yang dapat membantu dalam keperluan dan aktivitas, yang dimana sifatnya dapat mempermudah bagi siapa saja yang memanfaatkannya.

Secara lebih khusus, pengertian media dalam prses mengajar cenerung diartikan sebagai alat-alat garafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

Menurut Asosiasi Peniikan Nasional (Natinal Education Association/ NEA) dalam buku Arief Sadiman, dkk, media adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatannya.

Media hendaknya dapat dimanipulasi, dapat dilihat, didengar, dan dibaca. Adapun batasan yaitu bahwa media adalah segala sesuatu yang apat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa seemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

Pengertian Media Menurut Para Ahli

1. Arif S. Sadirman
Menurut Arif S Sadirman, media merupakan berbagai alat fisik yang mampu menyajikan pesan dan merangsang para siswa untuk bisa belajar.

2. Syaiful Bahri Djamarah
Syaiful Bahri Djamarah berpendapat bahwa pengertian media adalah sebuah alat bantu yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan untuk mencapai suatu tujuan.

3. Leslie J. Briggs
Leslie J. Briggs mengatakan bahwa media adalah sebuah alat yang memiliki fisik dan digunakan agar bisa menyampaikan materi. Media ini bisa berbentuk gambar, video, buku, televisi, dan masih banyak lagi.

4. Ahmad Rohani
Berdasarkan pendapat Ahmad Rohani, pengertian media adalah berbagai hal yang bisa ditangkap oleh indera manusia dan berguna sebagai sarana, perantara, ataupun alat untuk proses komunikasi.

5. Santoso S. Hamijaya
Menurut Santoso S. Hamijaya, pengertian media adalah berbagai wujud perantara yang digunakan oleh seseorang untuk bisa menyampaikan pesan, sehingga bisa sampai dengan baik oleh penerimanya.

Jenis-Jenis Media

Menurut Rudi Brets dalam buku Media Pembelajaran (2008 : 52) membagi media berdasarkan indera yang terlibat yaitu :

1. Media Audio

Media audio yaitu media yang hanya melibatkan indera pendengaran dan hanya mampu memanipulasi kemampuan suara semata. Dilihat dari sifat pesan yang diterimanya media audio ini menerima pesan verbal dan non- verbal.

Pesan verbal audio yakni bahasa lisan atau kata-kata, dan pesan nonverbal audio adalah seperti bunyi-bunyian dan vokalisasi, seperti gerutuan, gumam, musik, dan lain-lain.

2. Media Visual

Media visual yaitu media yang hanya melibatkan indera penglihatan. termasuk dalam jenis media ini adalah media cetak-verbal, media cetak-grafis, dan media visual non-cetak. Pertama, media visual-verbal adalah media visual yang memuat pesan verbal (pesan linguistik berbentuk tulisan).

Kedua, media visual non-verbal-grafis adalah media visual yang memuat pesan non-verbal yakni berupa simbol-simbol visual atau unsur-unsur grafis , seperti gambar (sketsa, lukisan dan foto), grafik, diagram, bagan, dan peta.

Ketiga, media visual non-verbal tiga dimensi adalah media visual yang memiliki tiga dimensi, berupa model, seperti miniatur, mock up, specimen, dan diorama.

3. Media Audio Visual

Media audio visual yaitu media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam suatu proses. Sifat pesan yang dapat disalurkan melalui media dapat berupa pesan verbal dan non-verbal yang terdengar layaknya media visual juga pesan verbal yang terdengar layaknya media audio diatas.

Pesan visual yang terdengar dan terlihat itu dapat disajikan melalui program audio visual seperti film dokumenter, film drama, dan lain-lain.

Fungsi Media
Secara umum, media memiliki beberapa fungsi seperti di bawah ini:

• Sebagai sumber informasi dan pengetahuan. 
• Sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasan dengan lebih gamblang.
• Untuk mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan kemampuan indra manusia. 
• Untuk hiburan, relaksasi, dan pengalihan perhatian dari ketegangan sosial yang dialami seseorang. 
• Sebagai sarana pendidikan yang memudahkan segala metode pembelajaran. 
• Untuk mencari perhatian khalayak. 
• Untuk pengawasan dan kontrol sosial tertentu. 
• Untuk menunjukkan eksistensi. 
• Untuk memengaruhi khalayak. 
• Sebagai tempat menyampaikan pesan tertentu.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network