Jelaskan Pengertian Gaya Gravitasi, Pahami Sejarah, Jenis, dan Fungsinya

"Simak penjelasannya berikut ini!"

Edukasi | 14 January 2023, 03:00
Jelaskan Pengertian Gaya Gravitasi, Pahami Sejarah, Jenis, dan Fungsinya

TamanPendidikan.com - Menurut Sumber Belajar Kemendikbud, gaya gravitasi merupakan salah satu jenis gaya yang dipengaruhi oleh gaya tarik sebuah benda ke pusat benda tersebut.

Maka dari itu yang dimaksud dengan gaya gravitasi bumi adalah gaya tarik menarik sebuah benda menuju pusat bumi. Kita dapat menjumpai contoh gaya gravitasi bumi ketika buah mangga atau buah kelapa jatuh ketanah.

Jika di bumi tidak memiliki gaya gravitasi, maka yang terjadi adalah di bumi tidak akan ada kehidupan. Jadi, berdasarkan contoh gaya gravitasi di atas dapat kita simpulkan bahwa gaya gravitasi dipengaruhi oleh ketinggian sebuah benda.

Dapat digambarkan bahwa daerah pantai memiliki gaya gravitasi yang besar karena ketinggian tempatnya rendah. Sedangkan untuk daerah pegunungan memiliki gaya gravitasi yang kecil karena dipengaruhi oleh percepatan gravitasi.

Sejarah Gaya Gravitasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Penelitian modern dalam teori gravitasi dimulai dengan kerja Galileo Galilei di akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17.

Penelitian tersebut dilakukan dengan hasil percobaannya menjatuhkan bola dari Menara Pisa, dan nantinya juga pengukuran bola yang meluncur melalui kemiringan, Galileo menunjukkan bahwa besarnya percepatan gravitasi adalah sama untuk semua objek.

Hal ini menjadi kemajuan besar dari kepercayaan Aristoteles sebelumnya yang menyatakan bahwa objek yang lebih berat memiliki percepatan gravitasi yang lebih besar.

Galileo membuat postulat hambatan udara sebagai alasan objek dengan massa kecil memungkinkan untuk jatuh lebih pelan di atmosfer. Hasil kerja Galileo menjadi dasar bagi formulasi teori gravitasi Newton.

Jenis Gaya Gravitasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Berikut adalah beberapa jenis dari gaya gravitasi yang perlu di pahami, antara lain:

1. Gravitasi Matahari

Gravitasi matahari adalah gaya tarik matahari yang menyebabkan planet-planet lain yang mengelilinginya bergerak pada orbitnya masing-masing.

2. Gravitasi Bulan

Gravitasi bulan adalah gaya tarik bulan terhadap bumi.

3. Gravitasi Bumi

Gravitasi bumi adalah gaya tarik menarik sebuah benda menuju pusat bumi.

Fungsi Gaya Gravitasi

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak fungsi-fungsi dari jenis gaya gravitasi yang telah di jelaskan di atas:

1. Gravitasi Matahari

Fungsi dari gaya gravitasi matahari antara lain akan membuat planet-planet di sekitarnya termasuk Bumi tetap berada dalam orbitnya masing-masing.

Planet-planet ini kemudian akan berputar mengelilingi Matahari sesuai dari orbitnya dan disebut juga dengan revolusi.

Rotasi ini juga akan menyebabkan perubahan pada malam dan siang, sementara revolusi kemudian mengakibatkan perubahan musim.

2. Gravitasi Bulan

Fungsi dari gaya gravitasi bulan antara lain akan menyebabkan pasang dan surut pada air laut. Situasi ini terjadi karena air laut tertarik oleh gaya gravitasi Bulan.

3. Gravitasi Bumi

Fungsi dari gravitasi bumi adalah menarik atmosfer serta menahannya sehingga makhluk hidup dapat bernapas dengan baik.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network