Jelaskan Pengertian dari Atletik, Ketahui Sejarah dan Macam-Macam Cabang Olahraganya

"Ketahui Juga Induk Organisasi Atletik di Indonesia."

Edukasi | 18 January 2023, 03:22
Jelaskan Pengertian dari Atletik, Ketahui Sejarah dan Macam-Macam Cabang Olahraganya

TamanPendidikan.com - Pengertian atletik yang kita kenal sekarang ini berasal dari beberapa sumber antara lain bersumber dari bahasa Yunani, yaitu “athlon” yang mempunyai pengertian berlomba atau bertanding. Misalnya ada istilah pentathlon atau decathlon.

Istilah lain yang menggunakan atletik adalah athletics (bahasa Inggris), athletiek (bahasa Belanda), athletique (bahasa Perancis) atau athletik (bahasa Jerman).

Istilahnya mirip sama, namun artinya berbeda dengan arti atletik di Indonesia, yang berarti olahraga yang memperlombakan nomor-nomor: jalan, lari, lompat dan lempar.

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

1. Eddy Purnomo, (2011:1).
Bila dilihat dari arti atau istilah “Atletik” berasal dari bahasa Yunani yaitu Athlon atau Athlum yang berarti “ Lomba atau Perlombaan/Pertandingan”.

2. Mochamad Djumidar A.widya, (2004)
Atletik adalah salah satu unsur dari pendidikan jasmani dan kesehatan, juga merupakan komponen-komponen pendidikan keseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial dan emosional yang serasi, selaras dan seimbang.

3. Muhajir
Definisi dari atletik yaitu salah satu jenis olahraga yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia, seperti berjalan, berlari, melompat, dan melempar.

Induk Organisasi Atletik di Indonesia

Ada banyak orang yang mungkin belum tahu tentang ini. Jadi, induk organisasi atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Sejarah Singkat Atletik

Atletik yang terdiri dari jalan, lari, lempar dan lompat dikatakan sebagai cabang olahraga yang paling tua usianya dan disebut juga sebagai “ibu atau induk” dari semua cabang olahraga dan sering disebut juga Mother of sports.

Alasanya adalah karena gerakan atletik sudah tercermin pada kehidupan manusia purba, mengingat jalan, lari, lompat dan lempar secara tidak sadar sudah mereka lakukan dalam usaha mempertahankan dan 9 mengembangkan hidupnya, bahkan mereka menggunakanya untuk menyelamatkan diri dari gangguan alam sekitarnya.

Atletik juga merupakan sarana untuk pendidikan jasmani dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan biomorik, misalnya kekuatan, dayatahan, kecepatan , kelincahan, koordinasi dan sebagainya. Selain itu juga untuk penelitian para ilmuwan.

Macam-macam Cabang Olahraga Atletik
Ada beberapa cabang olahraga atletik yang harus kamu ketahui, antara lain:

1. Lari Cepat
TamanPendidikan.com

Pixabay

Olahraga lari adalah gerakan maju kedepan dengan cepat dimana pada saat tertentu posisi kaki berada di udara dan tidak menyentuh tanah. Gerakan berlari membutuhkan kekuatan otot, kecepatan, dan koordinasi anggota tubuh yang sangat baik agar dapat mencapai garis finish.

Adapun cabang olahraga berlari ini terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

• Lari Jarak Pendek; Jarak tempuh nomor lari pendek yaitu dimulai dari 100 m hingga 400 m. Ketika melakukan lomba ini, atlet akan menggunakan start jongkok, baik jarak tempuh nomor 100 m, 200 m ataupun 400 m.


Atlet yang berlomba dengan nomor jarak tempuh 200 m, akan akan berlari pada kecepatan rata-rata lebih tinggi, dibandingkan dengan atlet yang berlari pada nomor jarak tempuh 100 m. Lalu, atlet yang berlari dengan nomor jarak tempuh 400 m, adalah lari cepat dengan panjang lintasan sepanjang 400 m.


• Lari Jarak Jauh; Pada lari jarak jauh, jarak tempuhnya dimulai dari 3 km, 5 km, 10 km hingga di atas 10 km. Berbeda dengan lari jarak pendek yang menggunakan start jongkok, lari jarak jauh menggunakan start berdiri.


• Lari Estafet; Pada lari estafet, para atlet harus berlari sambil membawa sebuah tongkat dengan ukuran-ukuran tertentu, di mana tongkat tersebut kemudian akan diserahkan pada atlet berikutnya di daerah pergantian yang telah ditentukan. Umumnya, nomor lari estafet yang dilombakan adalah nomor 4 x 100 m serta nomor lari 4×400 m.


• Lari Gawang; Merupakan olahraga lari yang dilakukan oleh atlet dengan cepat guna menempuh jarak tertentu yang telah ditetapkan dengan melewati beberapa rintangan yaitu berupa gawang serta palang rendah.

2. Melompat
Jenis cabang olahraga ini juga memiliki jenis-jenis melompat, diantaranya:
TamanPendidikan.com

Pixabay

• Lompat Jauh, adalah gerakan melompat ke depan dan mengangkat kaki ke atas pada bagian depan tubuh. Gerakan ini dilakukan agar dapat membawa titik berat badan selama mungkin di udara untuk mencapai jarak sejauh mungkin.
• Lompat tinggi, adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat setinggi mungkin untuk melewati mistar dengan ketinggian tertentu. Olahraga ini membutuhkan kekuatan otot perut dan otot kaki agar dapat mencapai gerakan lompatan yang tinggi.
• Lompat galah, adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat melewati mistar pada ketinggian tertentu dengan menggunakan sebuah galah panjang dan fleksibel.

4. Tolak Peluru
TamanPendidikan.com

Pixabay

Tolak peluru merupakan cabang olahraga di atletik yang sedikit berbeda. Apabila tiga nomor lainnya para atlet berusaha untuk melempar sekuat tenaga, dalam tolak peluru para atlet harus berusaha sekeras mungkin menolak bola yang terbuat dari besi sejauh-jauhnya.

Tolak peluru mulai dilombakan pada olimpiade pada tahun 1896 dengan berat peluru atau bola besi mulai dari 2,76 kg hingga 7,26 kg dan bergantung pada gender dari atlet yang melakukan tolak peluru.

5. Lempar Lembing
TamanPendidikan.com

Pixabay

Dalam olahraga lempar lembing, atlet akan berusaha melempar sebuah tombak yang memiliki ujung runcing dan harus dilemparkan sejauh mungkin.

Ketika melakukan lempar lembing ada teknik dasar yang harus diketahui oleh atlet, yaitu adalah cara yang benar untuk memegang lembing, membawa, teknik untuk membuat awalan serta cara melempar lembing.

6. Lempar Cakram
TamanPendidikan.com

Pixabay

Lempar cakram ini adalah salah satu dari nomor lomba atletik lempar yang menggunakan sebuah benda kayu berbentuk piring bersabuk besi atau bahan lain yang berbentuk bulat pipih yang dilemparkan. Di mana, sebelum melakukan lemparan, atlet akan berputar sebanyak tiga kali.

7. Lempar Martil
TamanPendidikan.com

Pixabay

Lempar martil adalah olahraga atletik yang populer, di mana atlet harus melemparkan benda bulat berat ke jarak yang ditentukan, dengan memutarnya di udara dengan bantuan kawat atau tali yang melekat padanya. Dalam olahraga lontar martil dibutuhkan kekuatan, keseimbangan.

8. Panahan
TamanPendidikan.com

Pixabay

Olahraga panahan merupakan olahraga yang menggunakan busur panah guna menembakkan anak panah. Ketika memainkan olahraga ini, atlet harus memiliki teknik yang tepat agar anak panahnya mampu mengarah ke titik tengah papan sebagai target utama untuk memperoleh skor tertinggi.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network