Jelaskan Pengertian Sosial Budaya, Berikut Perubahan, Ciri, dan Faktor Penghambatnya

"Ketahui Juga Dampak Positif dan Negatif dari Perubahan Sosial Budaya."

Edukasi | 19 January 2023, 03:47
Jelaskan Pengertian Sosial Budaya, Berikut Perubahan, Ciri, dan Faktor Penghambatnya

TamanPendidikan.com - Pengertian Sosial Budaya terdiri dari dua kata yaitu sosial dan budaya. Sosial berarti segala sesuatu yang berhubungandengan masyarakat sekitar. Sedangkan, budaya berasal dari kata bodhya yang artinya pikiran dan akalbudi.

Budaya juga diartikan sebagai segala hal yang dibuat manusia berdasarkan pikiran dan akal budinyayang mengandung cinta dan rasa. Maka, dapat disimpulkan bahwa sosial budaya adalah segala hal yangdi ciptakan manusia dengan pikiran dan budinya dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Sosial Budaya Menurut Para Ahli

1. Burnett
Sosial budaya adalah keseluruhan elemen masyarakat yang berupa adat istiadat, kesenian, kepercayaan, moral, pengetahuan, berpikir, kemampuan, dan hukum yang diperoleh seseorang sebagai bagian dari masyarakat yang bersifat kompleks.

2. Paul Ernest
Paul Ernest, seorang pakar filosofi matematika, menyinggung akan arti sosial budaya, yakni individu-individu yang membentuk suatu tatanan masyarakat dan terlibat dalam kegiatan bersama-sama.

3. Andreas Eppink
Andreas Eppink (1946), seorang ahli berbagai bidang yang menciptakan model Eppink dan mengembangkan analisis psikologi kebudayaan, mengemukakan pengertian sosial budaya sebagai segala sesuatu yang berlaku dalam suatu masyarakat tertentu dan menjadi ciri khasnya.

4. Lena Dominelli
Seorang pekerja sosial dan profesor sosial politik bernama Lena Dominelli menjelaskan bahwa sosial budaya adalah bagian yang kurang dari sebuah ikatan dan interaksi manusia sehingga memerlukan adanya pemakluman atas hal-hal lemah di dalamnya.

5. Lewis
David Lewis (1982) berpendapat bahwa sosial adalah segala sesuatu yang dihasilkan, diraih, dan ditetapkan dalam interaksi keseharian antar warga negara dengan pemerintahannya.

Dampak Sosial Budaya

Sosial budaya dapat memberikan dampak- dampak tersendiri bagi bagi masyarakat sekitar. Dampak inidapat berupa positif dan negatif. Dampak positifnya bisa berupa:

1. Sebagai pedoman dalam hubungan antara manusia dengan komunitas atau kelompoknya.
2. Sebagai simbol pembeda antara manusia dengan binatang.
3. Sebagai petunjuk atau tata cara tentang bagaimana manusia harus berperilaku dalam kehidupan sosialnya.
4. Sebagai modal dan dasar dalam pembangunan kehidupan manusia.
5. Sebagai suatu ciri khas setiap kelompok manusia.

Sedangkan, dampak negatif dari sosial budaya adalah:

1. Menimbulkan kerusakan lingkungan dan kelangsungan ekosistem alam.
2. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang kemudian menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit sosial, termasuknya tingginya tingkat kriminalitas.
3. Mengurangi bahkan dapat menghilangkan ikatan batin dan moral yang biasanya dekat dalam hubungan sosial antar masyarakat.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya bisa disebabkan oleh faktor yang sangat besar maupun faktor yang kecil. Berikut penjelasannya:

1. Globalisasi

Salah satu faktor yang sangat besar mempengaruhi perubahan sosial budaya adalah globalisasi. Globalisasi adalah hilangnya batas-batas sekat negara.

Namun, globalisasi bermanfaat untuk membuat segala sesuatu informasi di dunia lebih terbuka. Globalisasi juga dapar mempersatukan masyarakat dunia. Masalahnya, globalisasi juga memiliki dampak negatif.

Dampak negatif globalisasi adalah masuknya budaya asing yang kadang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia dan bertentangan dengan nilai agama. Disinilah pentingnya sikap selektif dalam menerima budaya asing yang datang.

2. Tingkat Pendidikan Yang Tinggi

Dengan tingkat pendidikan yang tinggi dari masyarakat akan membuat masyarakat ataupun setiap individu berpikir untuk lebih maju dan dapat mengekpresikan diri dengan baik di masyarakat.

Pada akhirnya, hal tersebut memicu timbulnya perubahan sosial budaya di masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Populasi Masyarakat Yang Heterogen

Faktor penyebab perubahan sosial budaya lainnya adalah masyarakat pada satu kawasan yang berbagai macam suku, adat istiadat, budaya dan latar belakang atau istilahnya heterogen.

Sehingga, ketika terjadi budaya baru datang dapat diterima dengan baik atas dasar  tingkat toleransi budaya yang tinggi. Hal itu secara tak langsung mengakibatkan terjadinya perubahan sosial masyarakat.

Ciri-ciri Perubahan Sosial Budaya

Pada dewasa ini proses-proses pada perubahan-perubahan sosial dapat diketahui dari adanya ciri-ciri tertentu antara lain: 

1. Tidak ada masyarakat yang berhenti perkembangannya karena setiap masyarakat mengalami perubahan yang terjadi secara lambat atau secara cepat. 

2. Perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga sosial lainnya, karena lembaga-lembaga sosial sifatnya interdependen maka sulit sekali untuk perubahan pada lembaga-lembaga sosial tertentu saja. Proses awal dan proses perusahaan ini merupakan suatu mata rantai. 

3. Perubahan-perubahan sosial yang cepat biasanya mengakibatkan disorganisasi yang bersifat sementara karena berada di dalam proses penyesuaian diri. Disorganisasi akan diikuti oleh suatu organisasi yang mencakup pemantapan kaidah-kaidah dan nilai-nilai lain yang baru. 

4. Perubahan-perubahan tidak akan dibatasi pada bidang kebendaan atau bidang spiritual saja, karena kedua bidang tersebut mempunyai kaitan timbal balik yang sangat kuat.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network