Jelaskan Pengertian Organisasi Kantor, Pahami Prinsip dan Unsur-unsurnya

"Simak ulasannya di bawah ini!"

Edukasi | 19 January 2023, 03:50
Jelaskan Pengertian Organisasi Kantor, Pahami Prinsip dan Unsur-unsurnya

TamanPendidikan.com - Organisasi kantor dapat didefinisikan sebagai suatu wadah dimana dua orang atau lebih yang memiliki pemikiran untuk mencapai tujuan bersama.

Adapun beberapa pengertian dari organisasi kantor atau perkantoran yang lain, namun pada dasarnya memiliki makna yang sama.

Organisasi perkantoran adalah suatu proses yang menjadi tempat orang-orang berinteraksi untuk mencapai tujuan kantor.

Organisasi perkantoran adalah suatu rangka dasar yang menjadi tempat orang-orang melangsungkan kegiatannya untuk menerima, menyimpan, mengolah, dan menyajikan informasi dan merawat aktiva.

Organisasi perkantoran mencakup susunan staf dan alokasi tugas dan tanggungjawab dalam mengolah data, memasok informasi untuk pembuatan keputusan dan merawat aktiva.

Banyak sisi menarik yang perlu kita kupas mengenai organisasi kantor, salah satunya adalah apa saja prinsip-prinsip yang diterapkan agar organisasi kantor berjalan dengan baik. Maka dari itu, simak ulasannya di bawah ini.

Organisasi Menurut Para Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Di bawah ini adalah beberapa definisi organisasi secara umum menurut para ahli yang dapat kita pahami adalah sebagai berikut.

Max Weber

Organisasi adalah suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

J. William Schulze

Organisasi adalah penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya, yang dikumpulkan dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Ernest Dale

Organisasi adalah sebuah proses perencanaan. Hal ini berkaitan dengan hal menyusun, mengembangkan, dan memelihara suatu struktur atau motif hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.

W.J.S. Poerwadarminta

Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai bagian (orang atau kelompok) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan tertata.

Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani

Organisasi adalah sebuah sistem sosial yang mempunyai identitas kolektif secara tegas, progja yang jelas, prosedur dan cara kerja, serta daftar anggota yang secara terperinci.

John M. Pfiffner dan S. Owen Lane

Organisasi adalah proses menghimpun pekerjaan yang orang-orang atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan kekuasaan yang diperlukan untuk pelaksanaannya.

Sehingga kewajiban-kewajiban yang dilakukan demikian itu memberikan saluran-saluran terbaik bagi penyelenggara usaha yang efisien, teratur, positif, dan terkoordinasikan.

Prinsip Organisasi Kantor

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Sebuah organisasi akan berjalan dengan baik ketika memiliki prisip yang jelas. Nah, berikut adalah beberapa prinsip yang diterapkan dalam organisasi kantor yang dapat kita pahami, yaitu:

1. Perumusan Tujuan yang Jelas

Perumusan tujuan sangat penting dalam menentukan berjalannya sebuah organisasi ke depannya.

2. Pembagian Kerja

Pembagian tugas adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Tanpa adanya pembagian tugas yang jelas, kemungkinan akan terjadinya tumpang tindih menjadi amat besar.

3. Delegasi Kekuasaan

Delegasi kekuasaan atau wewenang perlu dilaksanakan agar pejabat tersebut dapat melaksanakan tugasnya sebaik-baiknya.

4. Rentang Kekuasaan

Adanya rentang kekuasaan diharapkan seorang pemimpin dapat memimpin, membimbing mengawasi dengan hasil yang maksimal.

Unsur Organisasi Kantor

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak beberapa unsur yang membentuk agar organisasi kantor tetap berjalan dan berkembang dengan baik, antara lain:

1. Ada tujuan tertentu.
2. Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.
3. Jelas tugas kedudukannya masing-masing.
4. Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network