Jelaskan Pengertian Lingkungan Hidup, Berikut Jenis, Fungsi, serta Contoh Masalahnya

"Apa yang dimaksud dengan Lingkungan Hidup? Berikut adalah ulasannya."

Edukasi | 23 January 2023, 11:30
Jelaskan Pengertian Lingkungan Hidup, Berikut Jenis, Fungsi, serta Contoh Masalahnya

TamanPendidikan.com - Menurut UU No. 23 Tahun 1997, definisi Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan kedidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Lingkungan Hidup merupakan sebuah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, mempengaruhi alam itu sendiri.

Lingkungan Hidup memiliki jenis serta fungsi yang perlu kita pahami. Selain itu, Lingkungan Hidup memiliki faktor pengancam yang dapat mempengaruhi keseimbangan dari lingkungan itu sendiri. Agar lebih mengerti, mari simak penjelasan di bawah ini.

Definisi Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Soedjono

Definisi Lingkungan Hidup adalah lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam. Ulasan tersebut menjelaskan bahwa manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan dilihat dan dianggap sebagai perwujudan fisik jasmani.

Emil Salim

Definisi Lingkungan Hidup merupakan benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia.

Sambah Wirakusumah

Definisi Lingkungan Hidup adalah semua aspek kondisi eksternal biologis, dimana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme itu.

Otto Soemarwoto

Definisi Lingkungan Hidup merupakan ruang yang ditempati suatu makhluk hidup bersama dengan benda hidup dan tak hidup di dalamnya.

Munadjat Danusaputro

Definisi Lingkungan Hidup adalah semua benda dan daya serta kondisi, termasuk di dalamnya manusia dan tingkah-perbuatannya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad-jasad hidup lainnya.

Jenis Lingkungan Hidup

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Simak jenis-jenis Lingkungan Hidup di bawah ini untuk menambah pemahaman Anda:

1. Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan Hidup Alami adalah lingkungan yang terdiri atas unsur abiotik, unsur biotik, organisme kecil, dan segala kondisi yang bekerja secara dinamis tanpa ada campur tangan manusia.

2. Lingkungan Hidup Buatan

Lingkungan Hidup Buatan adalah lingkungan yang sengaja dibentuk oleh manusia dengan menggunakan teknologi, baik teknologi sederhana maupun teknologi modern, untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Fungsi Lingkungan Hidup

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Pahami fungsi dari Lingkungan Hidup berikut ini agar Anda lebih mengerti:

1. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup.
2. Sebagai tempat mencari makan makhluk hidup.
3. Sebagai tempat melakukan aktifitas.

Contoh Masalah Lingkungan Hidup

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa contoh permasalahan yang terjadi dalam Lingkungan Hidup, di antaranya adalah:

1. Banjir.
2. Tanah Longsor.
3. Gunung Meletus.
4. Kebakaran Hutan.
5. Gempa.
6. Limbah.


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network