Jelaskan Pengertian Pelanggaran HAM, Berikut Bentuk, Penyebab, dan Contoh Kasusnya

"Pelanggaran HAM Tidak Hanya Tanggung Jawab Pemerintah, tapi Kita Semua. Untuk itu, Ketahui Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Mencegahnya."

Edukasi | 24 January 2023, 11:22
Jelaskan Pengertian Pelanggaran HAM, Berikut Bentuk, Penyebab, dan Contoh Kasusnya

TamanPendidikan.com - Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) belum memiliki pengertian yang tunggal. Namun jika negara tidak menghormati, melindungi, dan memenuhi hak asasi manusia, maka sudah pasti negara tersebut masuk dalam kualifikasi pelanggaran hak asasi manusia.

Karena negara dianggap telah mengabaikan prinsip-prinsip hak asasi manusia yang telah disepakati oleh dunia internasional. Maka setiap pelanggaran harus diselesaikan baik dengan upaya hukum maupun non hukum, seperti pembuatan perundang-undangan maupun upaya administratif lainnya.

Pengertian Pelanggaran HAM

Menurut UU no 26 Tahun 2000 tentang pengadilan HAM, Pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi, dan atau mencabut Hak Asasi Manusia.

Dalam hal ini adalah seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-Undang ini, dan tidak didapatkan, atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar, berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Bentuk Pelanggaran HAM

Pelanggaran HAM dikategorikan dalam dua jenis, yaitu kasus pelanggaran HAM yang bersifat berat, meliputi :

1. Pembunuhan Masal (Genosida)

Genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, etnis, dan agama dengan cara melakukan tindakan kekerasan (UUD No.26/2000 Tentang Pengadilan HAM).

2. Kejahatan Kemanusiaan

Kejahatan kemanusiaan adalah suatu perbuatan yang dilakukan berupa serangan yang ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil seperti pengusiran penduduk secara paksa, pembunuhan, penyiksaan, perbudakkan dll. Kasus pelanggaran HAM yang biasa, meliputi:

1). Pemukulan
2). Penganiayaan
3). Pencemaran nama baik
4). Menghalangi orang untuk mengekspresikan pendapatnya
5). Menghilangkan nyawa orang lain.

Penyebab Pelanggaran HAM
Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM, antara lain:

1. Masih belum adanya kesepahaman pada tataran konsep hak asasi manusia antara paham yang memandang HAM bersifat universal (universalisme) dan paham yang memandang setiap bangsa memiliki paham HAM tersendiri berbeda dengan bangsa yang lain terutama dalam pelaksanaannya (partikularisme).

2. Adanya pandangan HAM bersifat individulistik yang akan mengancam kepentingan umum (dikhotomi antara individualisme dan kolektivisme).

3. Kurang berfungsinya lembaga-lembaga penegak hukum (polisi, jaksa dan pengadilan), dan

4. Pemahaman belum merata tentang HAM baik dikalangan sipil maupun militer.

Contoh Kasus Pelanggaran HAM
 
Bom Bali
 
Kasus Bom Bali juga menjadi salah satu kasus pelanggaran HAM terbesar di Indonesia. Peristiwa ini terjadi pada 12 November 2002, di mana terjadi peledakan bom oleh kelompok teroris di daerah Legian Kuta, Bali.

Total ada 202 orang yang meninggal dunia, baik dari warga lokal maupun turis asing mancanegara yang sedang berlibur.

Akibat peristiwa ini, terjadi kepanikan di seluruh Indonesia akan bahaya teroris yang terus berlangsung hingga tahun-tahun berikutnya.

Upaya yang Bisa Kita Lakukan Dalam Penegakan HAM

Upaya penanganan pelanggaran HAM di Indonesia yang bersifat berat, maka penyelesaiannya dilakukan melalui pengadilan HAM, sedangkan untuk kasus pelanggaran HAM yang biasa diselesaikan melalui pengadilan umum. Penegakkan HAM di Indonesia dapat kita diwujudkan melalui perilaku berikut ini:

• Menghormati setiap keputusan yang ditetapkan oleh pengadilan dalam kasus-kasus pelanggaran HAM.
• Membantu pemerintah dalam upaya penegakkan HAM.
• Tidak menyembunyikan fakta yang terjadi dalam kasus pelanggaran HAM.
• Berani mempertanggung jawabkan setiap perbuatan melanggar HAM yang dilakukan diri sendiri.
• Mendukung, mematuhi dan melaksanakan setiap kebijakan, undang-undang dan peraturan yang ditetapkan untuk menegakkan HAM di Indonesia.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari untuk menghargai dan menegakkan HAM antara lain dapat dilakukan melalui perilaku sebagai berikut:

• Mematuhi instrumen-instrumen HAM yang telah ditetapkan.
• Melaksanakan hak asasi yang dimiliki dengan penuh tanggung jawab.
• Memahami bahwa selain memiliki hak asasi, setiap orang juga memiliki kewajiban asasi yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.
• Tidak semena-mena terhadap orang lain.
• Menghormati hak-hak orang lain.


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network