Jelaskan Pengertian Shared Hosting, Pahami Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

"Apa itu Shared Hosting? Simak penjelasannya berikut ini!"

Edukasi | 25 January 2023, 12:50
Jelaskan Pengertian Shared Hosting, Pahami Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

TamanPendidikan.com - Secara umum, shared hosting dapat didefinisikan sebagai suatu layanan hosting yang mana suatu akun hosting ditempatkan bersamaan dengan beberapa akun hosting lainnya di dalam satu server yang sama, serta menggunakan servis secara bersamaan.

Shared hosting merupakan suatu layanan yang sangat terkenal untuk para pengguna yang memang sedang membuat website pertama dengan cangkupan kapasitas yang masih minim.

Sederhananya, shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang menyediakan sebuah akun hosting yang dapat digunakan secara bersama-sama oleh beberapa akun hosting.

Agar anda lebih mengerti apa yang dimaksud shared hosting serta apa saja kelebihan dan kekurangannya, maka simak penjelasan di bawah ini.

Cara Kerja Shared Hosting

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mendaftarkan domain ke pihak penyedia jasa hosting. Setelah mendaftarkan website atau domain Anda pada penyedia jasa shared hosting maka Anda akan mendapatkan space server untuk menyimpan seluruh data.

Di sini, server yang Anda gunakan akan berbagi dengan pengguna lain mulai dari ruang drive yang tersedia, RAM hingga kecepatan pemrosesan yang sama.

Meski harus berbagi dengan pengguna lain, setiap file pengguna situs web atau aplikasi akan tetap tersimpan secara terpisah di server dan masing-masing memiliki pohon direktori file sendiri.

Jadi, pengguna hanya dapat mengakses ke control panel website mereka untuk mengelola email, install CMS, upload file, dan berbagai aktivitas lainnya.

Dewabiz adalah solusi bagi Anda yang ingin menggunakan shared hosting. Anda dapat memesan ke salah satu provider hosting.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari shared hosting yang perlu kita ketahui, di antaranya adalah:

1. Kelebihan Shared Hosting

a. Mudah digunakan.
b. Memiliki harga yang terjangkau.
c. Terdapat akses ke Control Panel.

2. Kekurangan Shared Hosting

a. Kontrol Server terbatas.
b. Keamanan Server kurang terjamin.
c. Tidak Fleksibel.


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network