Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Cukup Gunakan Tisu

"Bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah? Simak langkahnya berikut ini."

Edukasi | 26 January 2023, 10:40
Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah, Cukup Gunakan Tisu

TamanPendidikan.com - Cara mengetahui jenis kulit wajah merupakan hal yang cukup mudah untuk dilakukan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui jenis kulit wajah kita.

Namun, sebelum kita melaju dalam pembahasan bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah, terlebih dahulu kita pahami jenis-jenis kulit wajah untuk memudahkan dalam memahami pembahasan selanjutnya.

Ada beberapa jenis kulit wajah yang perlu kita ketahui, di antaranya adalah kuli wajah normal, berminyak, kering, serta kombinasi. Berikut simak penjelasannya di bawah ini.

Kulit Wajah Normal, jenis kulit yang normal biasanya cenderung memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak, sehingga tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu berminyak.

Kulit Wajah Berminyak, jenis kulit wajah berminyak biasanya cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebih.

Kulit Wajah Kering, kulit wajah kering pada umumnya terjadi akibat rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit terluar.

Jadi, kondisi tersebut mengakibatkan terjadinya kulit kering mudah pecah-pecah dan mengalami keretakan pada permukaan kulit.

Kulit Wajah Kombinasi, jenis kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Kulit berminyak akan berada di zona T (dagu, hidung, dan dahi) serta kulit kering di area pipi.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Menggunakan Tisu

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Tisu dapat kita manfaatkan untuk melihat jenis kulit yang kita miliki. Caranya tergolong mudah dan kita bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, cara ini tidak bisa dilakukan dengan waktu yang cepat. Seperti apa langkah yang harus dilakukan, mari simak caranya berikut ini.

1. Cuci muka sebelum tidur dengan sabun.
2. Tepuk wajah hingga kering.
3. Jangan gunakan pelembap, serum, atau minyak.
4. Tekan tisu pada wajah saat terbangun di pagi hari.
5. Dengan menekan tisu, kita bisa melihat bagian wajah mana yang berminyak maupun tidak sama sekali.

Tolak Ukur Hasil Tes

TamanPendidikan.com

Pixabay.com

Ada beberapa tolak ukur untuk menentukan kategori jenis kulit wajah yang kita miliki. Simak beberapa tolak ukurnya di bawah ini.

1. Jika tisu tidak menyerap minyak dari kulit, maka jenis kulit kita normal atau sehat.
2. Jika wajah tampak berkilau atau tisu menyerap minyak, maka jenis kulit kita berminyak.
3. Jika kulit terasa kencang atau bersisik setelah satu jam, maka jenis kulit kita kering.
4. Jika tisu menyerap minyak pada T-Zone (area dahi, hidung, dan dagu) setelah satu jam, tetapi area lain terasa kering, maka jenis kulit kita kombinasi.


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network