Cara Mengetahui WA Disadap, Begini Ciri-Ciri dan Tutorial Mengatasinya

"WhatsApp Anda disadap? tenang, begini solusinya."

Edukasi | 26 January 2023, 11:00
Cara Mengetahui WA Disadap, Begini Ciri-Ciri dan Tutorial Mengatasinya

TamanPendidikan.com - Cara mengetahui WA disadap bisa dibilang mudah. Namun, jika Anda masih bingung, silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Seperti kita ketahui, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia. Hal ini juga menimbulkan semakin banyak pihak yang tertarik melakukan kejahatan seperti penyadapan kepada akun pengguna WhatsApp.

Tentu saja, penyadapan tersebut membuat kita khawatir. Karena bisa saja privasi kita terancam, tetapi Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengetahui apakah WhatsApp Anda disadap atau tidak seperti di bawah ini.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

1. Buka aplikasi WhatsApp Anda, kemudian tekan titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
2. Kemudian, pilih WhatsApp Web.
TamanPendidikan.com

YouTube Kotak Katik Android

3. Jika ada tulisan ‘Sedang Aktif’ seperti gambar di bawah ini, artinya WhatsApp Anda telah disadap.
TamanPendidikan.com

YouTube Kotak Katik Android

Nah, untuk mengatasinya Anda hanya perlu pilih ‘Keluar dari semua komputer’. Setelah itu, ulangi langkah-langkah di atas untuk mengecek apakah WA Anda sudah tidak dibajak. Tandanya yaitu saat memasuki WhatsApp Web, Anda akan menemui ikon kamera untuk scan barcode seperti ini.
TamanPendidikan.com

YouTube Kotak Katik Android

Adapun 3 cara lainnya untuk mengetahui apakah akun WhatsApp disadap atau tidak, seperti dikutip dari Alphr:

1. Periksa Sesi Chat Terbaru Anda
Cek sesi terakhir dengan mengetuk tanda titik tiga lalu pilih Linked Device. Lihat daftar "Last Active..." apakah ada perangkat yang tidak dikenal. Jika ada, langsung pilih opsi Log Out.

2. Cek Daftar Teman Anda
Lakukan pengecekan pada kontak WhatsApp. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan membuka aplikasi dan mengetuk ikon chat di bagian bawah. Cek apakah ada teman baru yang tidak dikenal muncul dalam daftar tersebut.

3. Periksa Informasi Kontak Anda
Para pelaku kejahatan yang mencoba membajak akun WhatsApp Anda akan mencoba mulai mengubah informasi kontak. Anda bisa melihatnya dengan menekan tanda titik tiga di bagian sudut kanan atas.

Selanjutnya, klik Pengaturan lalu masuk ke menu Profil. Lihat, apakah informasi tersebut akurat. Jika ada yang berubah, maka Anda harus segera mengamankannya dengan menggunakan verifikasi dua langkah (two-step verification).

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mengetahui WhatsApp disadap. Terima kasih sudah menyimak, semoga artikel ini bisa membantu.


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network