Cara Mengetahui TV Digital atau Analog, Gampang Banget Lho

"Ketahui juga cara mengatur tv Analog ke tv Digital."

Edukasi | 26 January 2023, 12:15
Cara Mengetahui TV Digital atau Analog, Gampang Banget Lho

TamanPendidikan.com - Bagaimana cara mengetahui TV Digital atau Analog? jawabannya ada pada artikel ini. Maka dari itu, yuk disimak sampai paham.

Seperti informasi yang banyak beredar di berbagai media, pemerintah telah menghentikan siaran tv Analog dan memindahkannya ke tv digital. Migrasi ke siaran tv Digital akan menghadirkan layar yang lebih jernih dari sebelumnya.

Dengan begitu, tidak ada lagi gambar yang buram ataupun gambar semut pada siaran televisi ketika hujan turun dan lain sebagainya. Tentu, ini akan sangat memanjakan para penonton tv.

Untuk menikmati siaran tv Digital, Anda hanya perlu memasang Set Top Box (STB) yang bisa kalian beli di toko-toko elektronik terdekat dengan harga yang berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

Apa itu STB?

STB merupakan alat yang berfungsi untuk merubah sinyal digital yang dipancarkan oleh stasiun TV menjadi gambar dan suara yang akan ditampilkan pada TV yang menggunakan alat ini. TV Digital bila dibandingkan dengan TV Analog adalah siaran ini mampu memberikan kualitas gambar dan suara yang jauh lebih jernih.

Baiklah, tidak perlu berlama-lama lagi. Berikut mimin bagikan cara mengetahui tv Digital atau tv Analog.

Cara Mengetahui TV Digital atau Analog

1. Silahkan kunjungi situs link siarandigital.kominfo.go.id/ lalu pilih menu “Perangkat TV Digital”.
2. Kemudian, ada beberapa pilihan dan Anda hanya perlu “Pilih Kategori” lalu “Televisi”.
3. Isi merek televisi beserta Model/Type-nya di kolom yang tersedia.
4. Apabila merek televisi dan type merupakan TV yang sudah bisa menerima siaran TV analog maka keterangannya merek dan tipe akan muncul.
5. Namun, jika merek atau type televisi tidak terdaftar maka akan muncul keterangan, “Mohon maaf, perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat”.

Ada cara lain yang bisa Anda terapkan yakni dengan melihat stiker di bagian tv, caranya pun cukup mudah. Ketika membeli sebuah tv digital atau analog, tentunya Anda akan melihat beberapa stiker tertempel di perangkat ini. Umumnya terletak di bagian belakang produk. Akan ada tulisan seperti DVB-T2, ATSC, HD Ready,  DTV, HDTV, dan masih banyak lagi.

Dengan memperhatikan stiker ini, Anda sudah bisa tahu apakah tv tersebut termasuk ke dalam tv digital atau masih analog. Namun, perlu Anda ingat bila setiap brand memiliki tulisan tersendiri untuk melakukan pengecekan dengan metode ini harus secara teliti.

Cara Mengatur TV Analog ke TV Digital
Berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk mengatur TV analog ke TV digital:

• Pastikan lebih dulu siaran tv digital sudah tersedia di daerah Anda.
• Selain itu, Anda juga harus memiliki antena UHF baik berupa antena luar ruangan atau dalam ruangan.
• Pastikan juga kalau tv Anda sudah dilengkapi dengan set top box DVBT2 agar dapat menerima siaran tv digital.
• Saat TV sudah terhubung dengan STB, hidupkan perangkat TB dan ubah ke AV. Lalu pilih opsi Pengaturan/Setting.
• Setelah itu, pilih auto scan untuk memindai program siaran TV Digital.


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network