Ular Kobra Suka Masuk Rumah saat Musim Hujan, Ini Cara Mengatasinya

"Berikut Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Ular Masuk ke Rumah."

Edukasi | 01 February 2023, 01:16
Ular Kobra Suka Masuk Rumah saat Musim Hujan, Ini Cara Mengatasinya

TamanPendidikan.com - Saat musim hujan, sering kita melihat berita tentang ular Kobra yang masuk rumah. Tentu, kejadian ini sangat membahayakan dan harus diwaspadai selain banjir. Apalagi, ular Kobra memiliki bisa yang mematikan.

Ahli Hepertologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amir Hamidy menjelaskan fenomena munculnya ular ke rumah di musim hujan merupakan hal yang wajar. Sebab, musim hujan memang waktunya anak ular lahir dan ular suka tempat yang lembab.

Untuk informasi, musim hujan adalah musim menetasnya telur ular. Hal ini membuat mereka banyak berkeliaran.

Sebelumnya, banyak orang yang beranggapan bahwa garam adalah bahan paling ampuh untuk mengusir ular. Namun, anggapan tersebut ternyata salah.

Memang benar garam bisa membunuh beberapa hewan yang berlendir, seperti siput, lintah, dan cacing. Sedangkan, ular merupakan hewan yang tidak berlendir.

Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi atau mencegah ular agar tidak masuk ke rumah yang dapat menyebabkan Anda dan sekeluarga cemas. Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan:

1. Gunakan Aroma Menyengat di Sekitar atau di Dalam Rumah

Aroma menyengat sangat tidak disukai ular, seperti kapur barus, cuka dan cabai. Agar ular tidak masuk ke rumah, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan cuka atau menaruh kapur barus di setiap sudut rumah. Jika tidak ada cuka, Anda bisa menggunakan jeruk dan cabai.

2. Tutup Lubang dan Terangi Area di Sekitar Rumah

Perhatikan keadaan rumah Anda. Apakah ada plafon, saluran air, genteng, dinding, dan bagian lain yang berlubang. Tempat-tempar tersebut menjadi favorit sarang ular. Maka dari itu, Anda harus menutupnya hingga tidak ada celah sedikitpun.

3. Singkirkan Sarang Tikus dan Burung

Ular merupakan hewan predator yang menyukai tikus, katak dan burung. Maka dari itu, Anda harus menyingkirkan hewan-hewan tersebut sebagai salah satu pencegahan masuknya ular ke dalam rumah.

Jangan membuang sampah makanan sembarangan, karena itu bisa mengundang tikus datang. Jika Anda memelihara burung, taruh pada tempat yang tinggi dan aman agar tidak memancing ular masuk ke dalam rumah.

4. Memelihara Rakun atau Kucing

Rakun adalah hewan predator alami yang memakan ular. Namun, jika Anda kesulitan untuk menemukan rakun, pilihan alternatifnya adalah kucing.

Akan tetapi, kucing bukanlah cara yang efektif untuk mengusir ular. Sebab, kucing tidak bisa memakan jenis ular yang berukuran besar dan berbisa. Bahkan, kucing bisa dimakan oleh ular King Kobra.

5. Hati-Hati saat Memberi Makan Hewan Peliharaan di Rumah

Pastikan untuk selalu membersihkan sisa makanan yang Anda beri kepada hewan peliharaan di rumah entah kucing atau apapun itu. Kemudian, simpan makanan ke tempat yang rapat. Langkah ini dapat meminimalisir kemungkinan ular masuk ke rumah saat musim hujan.

6. Semprot Parfum, Kayu Manis atau Minyak Cengkeh

Selain dengan aroma menyengat seperti cuka, cabai, atau kapur barus. Anda juga bisa menyemprotkan pewangi ruangan atau parfum di tempat rawan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah.

7. Jangan Menumpuk Kayu Sembarangan

Tumpukan kayu dan runtuhan bangunan akan menjadi tempat favorit bagi ular. Segera bersihkan tempat-tempat tersebut jika Anda tidak ingin memancing ular untuk masuk ke rumah.

Kesimpulannya adalah selalu jaga kebersihan di sekitar area rumah atau lingkungan Anda. Selain enak di pandang mata, ini juga dapat mencegah ular atau hewan lainnya masuk ke rumah.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network