Ternyata Ini Kebiasaan Sehari-hari Ular King Kobra, Cukup Emosian

"Gak heran ya kalau melihat ular king kobra emosi? hahaha…"

Edukasi | 01 February 2023, 03:28
Ternyata Ini Kebiasaan Sehari-hari Ular King Kobra, Cukup Emosian

TamanPendidikan.com - Ular Kobra atau King Kobra (Ophiophagus Hannah) adalah ular berbisa terpanjang di dunia dengan panjang tubuh keseluruhan mecapai sekitar 5,7 m. Akan tetepi, panjang hewan dewasa pada umunya sekitar 3-4,5 m.

Ular ini ditakuti oleh orang karena bisannya yang mematikan dan sifat-sifatnya yang terkanal agrasif, meskipun banyak catatan yang menunjukkan perilaku yang sebaliknya.

Ular kobra dikenal dengan beberapa nama lokal seperti oray totong, ular tedung abu, tedung selor dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris disebut king cobra (raja kobra) atau hamadryad. Ular yang bertubuh panjang dan ramping.

Namun, apakah kalian penasaran dengan perilaku sosial ular King Kobra? Jika iya, beginilah kebiasaan sehari-hari salah satu ular paling mematikan tersebut.

Perilaku Sosial Ular King Kobra

Kebanyakan ular kobra, seperti umumnya hewan, takut terhadap manusia dan berusaha menghindarinya. Ular ini juga tidak seketika menyerang manusia yang ditemuinya, tanpa ada provokasi sebelumnya.

Kenyataan bahwa ular ini cukup banyak yang ditemui di sekitar permukiman manusia, sementara jarang orang yang tergigit olehnya, menunjukkan bahwa ular kobra tak seagresif seperti yang disangka.

Walaupun demikian, kewaspadaan tinggi tetap diperlukan apabila menghadapi ular ini. Ular kobra dikenal sebagai ular yang amat berbisa, yang gigitannya dapat membunuh manusia. Seperti juga ular-ular lainnya, temperamen ular ini sukar diduga.

Beberapa individunya bisa jadi lebih agresif daripada yang lainnya. Demikian pula, pada masa-masa tertentu seperti pada saat menjaga telurtelurnya, ular ini dapat berubah menjadi lebih sensitif dan agresif.

Telah dilaporkan adanya serangan-serangan ular kobra terhadap orang yang melintas terlalu dekat ke sarangnya.

Perilaku Makan Ular King Kobra
TamanPendidikan.com

Pixabay

Sebagaimana namanya Ophiophagus berarti pemakan ular, mangsa utamanya adalah jenis-jenis ular yang berukuran relatif besar, seperti sanca (Python) atau ular tikus (Ptyas). Juga memangsa ular-ular yang berbisa lainnya dan kadal berukuran besar seperti halnya biawak. 

Ular kobra yang dikurung mau juga memakan daging atau tikus mati yang ditaruh di kandang ular atau digosokkan ke tubuh ular agar berbau seperti ular. 

Setelah menelan mangsa yang besar, ular kobra dapat hidup beberapa bulan lamanya tanpa makan lagi. Ini dikarenakan laju metabolismenya berlangsung lambat.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network