Ular King Kobra Ternyata Tidak Boleh Dibunuh, Ini Penjelasannya

"Jangan bunuh ular King Kobra saat menjumpainya, lakukan langkah ini!"

Edukasi | 02 February 2023, 05:59
Ular King Kobra Ternyata Tidak Boleh Dibunuh, Ini Penjelasannya

TamanPendidikan.com - Munculnya ular King Kobra dan Kobra kadang membuat orang kaget, bahkan takut. Tak pelak, hal ini dapat menimbulkan reflek orang tersebut untuk membunuhnya. Padahal, langkah ini sebenarnya bisa membahayakan penghuni rumah atau sekitarnya.

Tidak salah memang, karena ular merupakan reptil yang ditakuti oleh manusia. Sebab, ular King Kobra memiliki racun yang sangat mematikan. Namun, saat bertemu ular tidak harus selalu dibunuh.

Igor yang merupakan anggota Komunitas Belajar Ular Indonesia menghimbau masyarakat untuk tidak sembarangan membunuh ular King Kobra. Apalagi, jika warga membunuh ular tersebut dengan menghancurkan kepalanya.

Kenapa Tidak Boleh Membunuh Ular Kobra atau King Kobra?

Adapun alasan tidak boleh membunuh ular Kobra atau King Kobra sembarangan menurut Igor adalah karena bisa dari ular tersebut akan bertebaran di mana-mana.

Jika pecahan bisa ular Kobra atau King Kobra terkena mata atau bekas luka pada tubuh manusia, ini memiliki bahaya yang sama dengan gigitan ular Kobra. 

Igor juga mengungkapkan, jika bisa ular Kobra atau King Kobra terkena bekas luka, maka bisa saja langsung membentuk kristal di dalam darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan kematian.

Sementara itu, Melansir dari situs Universitas Gadjah Mada (UGM), Dosen Fakultas Biologi UGM Donan Satria Yudha menjelaskan mengenai alasan ular tidak boleh dibunuh. Terutama jika ular ditemukan di pekarangan atau dalam rumah.

Menurut Donan, ular yang ditemukan di pekarangan atau di dalam rumah menandakan bahwa hewan ini kehilangan habitat dan sumber makanannya, karena mungkin telah dirusak oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, ular pergi ke lingkungan tempat tinggal manusia.

Donan menjelaskan bahwa ular yang terlanjur masuk ke dalam rumah sebaiknya tidak dibunuh atau diganggu. Namun, perlu dikendalikan atau ditangkap untuk dilepas kembali. Jika takut, Anda bisa memanggil petugas Damkar atau yang lainnya.

Selain itu, alasan lainnya adalah untuk menstabilkan populasi tikus. Di mana, ular dan tikus ada dalam rantai makanan yang sama, karena siklus tersebut harus tetap dipertahankan.

Lantas, Apa yang Harus Kita Lakukan Saat Bertemu Ular?
TamanPendidikan.com

Pixabay

1. Tenang dan Jangan Panik

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan ketika bertemu ular adalah tenang dan jangan panik. Jika tidak, ular yang ada di hadapan juga akan panik. Semakin panik, ular tersebut bakal semakin agresif.

2. Mencari Tongkat Panjang dan Kain

Langkah kedua adalah mencari tongkat panjang dan kain. Apalagi ketika yang dihadapi adalah kobra. Carilah tongkat sepanjang mungkin, ini berguna untuk mem-block langkah ular.

Lalu, sediakan kain yang bisa digunakan untuk membungkus. Dekatkan kain ke ular tersebut. Namun, jika Anda tidak berani melakukannya maka lebih baik menghindar saja.

3. Lapor ke Damkar atau Ahli Ular

Jika Anda tidak ingin mengambil resiko. Maka, langkah yang paling tepat untuk Anda lakukan adalah melapor ke damkar.

4. Carilah Bantuan Medis

Jika Anda terkena serangan ular king kobra, segera carilah bantuan medis. Injeksi anti-racun harus diberikan secepat mungkin untuk meminimalkan risiko komplikasi dan membantu menyelamatkan nyawa


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network