Melawan Rantai Makanan, Katak Ini Makan Ular

"Apakah kalian pernah melihat kejadian seperti ini?"

Edukasi | 02 February 2023, 07:00
Melawan Rantai Makanan, Katak Ini Makan Ular

TamanPendidikan.com - Ular merupakan reptil yang ditakuti oleh hewan lainnya, bahkan manusia. Seperti diketahui, salah satu makanan favorit ular adalah katak. Namun, ada kejadian langka di mana kali ini giliran katak yang memakan ular.

Katak tersebut adalah Ranoidea caerulea atau disebut juga dengan nama Katak Pohon Hijau Australia atau Katak Pesek Australia (Green Treefrog, White’s Treefrog, Blue Frog, Smiling Frog, atau Dumpy Treefrog).

Sementara, ular yang dimakan Katak Pohon Hijau Australia adalah Ular Coklat. Terlihat jelas di dalam foto menunjukkan kepala ular kecil, dengan mulut terbuka, yang berada di dalam mulut katak yang menganga dan sepertinya akan ditelan oleh sang katak.

Ahli biologi konservasi dari Universitas New South Wales dan Australian Museum di Sydney, Jodi Rowley, telah mengonfirmasi bahwa spesies amfibi yang menelan ular tersebut adalah Australian Green Tree Frog, dengan nama ilmiahnya Litoria caerulea.

Foto interaksi alami yang aneh antara ular dan seekor katak hijau besar itu diyakini telah diambil sejak beberapa tahun lalu.

Foto ini pertama kali diunggah di Reddit deng an judul, “One Last Scream Into the Abysssss.”

Akan tetapi, pada 2016 silam seorang fotografer mengklaim bahwa foto tersebut adalah miliknya, yang diunggah ke Google Plus.

"Ini adalah Katak Pohon Hijau Australia yang memakan Ular Coklat," tulis postingan itu.

"Sebelum penangkapan di kamera, saya percaya bahwa katak hanya memakan serangga. Ternyata, Ular Coklat Australia yang sangat berbisa. Meskipun ular itu telah menggigit katak, seperti yang Anda lihat jika Anda memperbesar foto, katak itu berhasil selamat." tulisnya di media sosial.

Katak Pohon Hijau Australia dapat ditemukan di hampir seluruh kawasan Australia dan New Guinea. Ukuran katak betina dewasa dapat mencapai panjang sekitar 12 sentimeter dan katak jantan jauh lebih kecil dengan panjang sekitar tiga 8 sentimeter.

Sementara itu, ular coklat dewasa rata-rata 1,5 meter (5 kaki) dan lunas tumbuh hingga 1 meter (3,2 kaki) dan jenis ular ini sangatlah berbisa.

Fakta ini membuat foto tersebut terlihat seperti hasil editan (dan memang telah menjadi subjek perdebatan di Photoshop), tetapi bagi katak menikmati makanan semacam ini bukanlah sesuatu yang baru.

Katak pohon hijau biasanya memakan serangga, tetapi mereka juga dikenal memangsa hewan yang lebih besar, seperti kelelawar atau tikus. 

Katak pohon hijau bahkan juga memakan katak lain. Pada dasarnya, jika mangsanya cukup kecil dan bisa turun ke kerongkongan, katak akan mencoba memakannya.

"Relatif umum untuk melihat katak pohon hijau Australia memakan ular," kata Rowley kepada ScienceAlert.

"Sebagian besar spesies katak benar-benar akan memakan apa pun yang terlihat pas di mulut mereka yang bergerak di depannya. Itu naluri. Mereka makan dulu (atau mencoba) dan berpikir nanti. Katak itu mungkin hanya mengunyah sedikit dari ular itu, dia akan menggunakan tangannya untuk mencoba mendorongnya ke bawah." ucap Rowley.

Untuk reptil dan amfibi, baginya ini adalah dunia yang kejam. Jika katak tidak memakan ular itu, tidak diragukan lagi ular itu akan memakannya, karena katak merupakan salah satu makanan favorit ular. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network