Efek Makan Kecubung, Pria Ini Dibawa ke RS & Selalu Berhalusinasi Dikerubungi Semut

"Tak hanya halusinasi, orang yang memakannya juga dapat mengalami pusing berkepanjangan hingga muntah-muntah. Dampak ini tentu akan bertahan semakin lama, kalau seseorang memakannya dalam jumlah yang banyak."

Viral | 02 February 2023, 17:00
Efek Makan Kecubung, Pria Ini Dibawa ke RS & Selalu Berhalusinasi Dikerubungi Semut

TamanPendidikan.com - Kisah seorang pria seusai makan kecubung belum lama ini ramai dibicarakan oleh warganet Instagram. Video singkat yang viral itu menampilkan seorang pria yang didampingi oleh dua orang pria lebih tua, tengah terduduk lemas di atas bangsal rumah sakit.

Dalam video, pria tersebut dengan posisi tangan yang mengusap kepala hingga wajahnya berulang kali karena mengalami halusinasi. Konon, dia dirawat di rumah sakit setelah memakan kecubung yang mengakibatkan pria itu selalu berhalusinasi merasa dikerubungi semut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cn_p5G1JpCA/

Video yang diunggah ulang oleh akun @merindink itu viral di media sosial Instagram dan menuai beragam komentar karena kisah unik ini. Beberapa warganet juga tampak menceritakan pengalamannya masing-masing yang berkaitan dengan buah kecubung.

"Pernah dulu waktu umur 7 tahun dikasih buah kecubung sama tetangga suruh makan, saya gigit doang padahal karena rasanya pahit dan getahnya kena telan, akhirnya kepala seperti berputar putar dan akhirnya pingsan selama 8 jam," tulis akun @mohammadivanditahir001.

"Ane udah liat yg makan beginiian......1 harian lari bugil keliling kampung," ujar akun @ronnyirawan24.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cn_p5G1JpCA/

Beragam pengalaman yang dialami oleh warganet juga oleh pria dalam video ini membuktikan kalau buah kecubung memang memberikan dampak yang tidak biasa bagi orang yang memakannya, baik itu karena sengaja atau tidak sengaja.

Dilansir dari laman Halodoc, ternyata dampak negatif dari buah kecubung ini dapat menyebabkan halusinasi dan euforia atau rasa gembira sesaat. Hal itu karena buah kecubung ini termasuk dalam golongan tanaman opioid, seperti ganja dan katinon.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cn_p5G1JpCA/

Tak hanya halusinasi, orang yang memakannya juga dapat mengalami pusing berkepanjangan hingga muntah-muntah. Dampak ini tentu akan bertahan semakin lama, kalau seseorang memakannya dalam jumlah yang banyak.

Bahkan, saking kuatnya efek memabukkan dari buah kecubung, orang yang memakannya bisa tidak sadarkan diri selama tiga hari. Jika seseorang dengan sengaja memakan buah kecubung ini secara terus-menerus, kemungkinan besar akan mengakibatkan masalah yang serius mulai dari keracunan hingga kematian.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Cn_p5G1JpCA/

Buah kecubung ternyata memiliki julukan atau sebutan lain, yakni "the devil’s breath” atau 'napas setan'. Sebutan itu disematkan untuk buah kecubung karena buah ini mengandung zat bernama skopolamin yang bisa memberi efek tertentu pada tubuh. 

Siapa pun yang mengonsumsi zat skopolamin itu dapat mendapat efek seperti jadi zombie. Jadi, buah ini memang tidak aman bagi siapapun, terlebih untuk ibu hamil dan menyusui, anak-anak, orang tua, hingga pengidap berbagai penyakit.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network