Fakta Unik Ular King Kobra Ternyata Suka Warna Hitam, Ini Penjelasannya

"Kebanyak dari Anda mungkin tidak tahu fakta unik ini kan?"

Edukasi | 03 February 2023, 02:53
Fakta Unik Ular King Kobra Ternyata Suka Warna Hitam, Ini Penjelasannya

TamanPendidikan.com - Ular King Kobra dan Kobra biasa mungkin menjadi ular yang paling menakutkan bagi Anda. Bagaimana tidak, ular jenis ini bisa membunuh manusia dengan racunnya hanya dengan hitungan menit.

Hal ini membuat setiap manusia yang menjumpainya selalu menjauhi spesies ular tersebut. Bahkan, tak sedikit orang yang langsung membunuhnya. Padahal, itu merupakan tindakan yang membahayakan dirinya sendiri dan orang sekitar.
 
Akan tetapi, di balik sifat dan wujud fisik yang bikin kita takut, ada fakta unik yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. Ternyata, ular King Kobra menyukai warna hitam. Jika Anda tidak percaya, silahkan simak penjelasan dan buktinya di bawah ini.

TamanPendidikan.com

YouTube EDUTAINMENT TRANS7 OFFICIAL

Pada gambar di atas, bisa dilihat bahwa ular Kobra bersikap biasa saja ketika dihadapkan dengan balon warna pink.
TamanPendidikan.com

YouTube EDUTAINMENT TRANS7 OFFICIAL

Bahkan, saat ular Kobra tersebut diberikan dengan balon warna hijau, ia tampak tidak tertarik dengan itu.
TamanPendidikan.com

YouTube EDUTAINMENT TRANS7 OFFICIAL

Namun, ketika ular Kobra tersebut coba dihadapkan dengan balon warna hitam, tidak sampai 5 detik dia dengan cepat langsung menyerang. Kenapa demikian?

Pada dasarnya, ular tidak memiliki kemampuan untuk memilih atau menyukai warna tertentu seperti halnya manusia. Namun, ular Kobra memiliki penglihatan yang sangat baik. 

Itulah sebabnya, jenis ular yang satu ini selalu mengincar mata musuhnya ketika hendak menyembur. Bahkan, semburan ular Kobra dapat menjangkau jarak sekitar 102 cm atau setengah dari panjang tubuhnya yang mencapai 2 meter.

Ular kobra berburu dengan mengandalkan penglihatan dan penciumannya. Sebagaimana ular-ular pada umumnya, ular kobra membaui udara dengan menggunakan lidahnya yang bercabang, yang menangkap partikel-partikel bau di udara dan membawanya ke reseptor khusus di langit-langit mulutnya.

Reseptor yang sensitif terhadap bau ini disebut organ Jacobson. Jika tercium bau mangsanya, ular ini akan menggetarkan lidahnya dan menariknya keluar masuk untuk memperkirakan arah dan letak mangsanya itu. 

Matanya yang tajam (ular kobra dapat melihat mangsanya dari jarak sejauh 100 m), indera perasa getaran di tubuhnya yang melata di tanah, dan naluri serta kecerdasannya sangat membantu untuk menemukan mangsanya.

Ular ini dapat bergerak cepat di atas tanah dan memanjat pohon dengan sama baiknya. Mangsanya, jika perlu, dikejarnya hingga di atas pohon.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network