Orang Bisa 'Kebal' dari Gigitan King Kobra, Ini yang Terjadi Sebenarnya

"Tidak kebal, ini yang sebenarnya terjadi."

Edukasi | 03 February 2023, 03:45
Orang Bisa 'Kebal' dari Gigitan King Kobra, Ini yang Terjadi Sebenarnya

TamanPendidikan.com - King kobra merupakan ular berbisa yang sangat berbahaya untuk manusia. Racunnya dapat menyebabkan kematian dalam beberapa menit setelah gigitan, jika tidak segera mendapat perawatan medis.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghindari kontak dengan ular ini dan selalu menjaga jarak aman dan jangan coba-coba untuk mengusiknya.

King kobra dapat ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Selatan dan dilabeli sebagai rajanya ular. Pasalnya, king kobra mampu membunuh dan memangsa ular lainnya.

Seperti yang dijelaskan di atas, king kobra jelas sangat berbahaya bagi manusia karena memiliki sengatan yang mematikan. Racun yang disuntikkan dapat membunuh setara 20 orang atau seekor gajah dalam hitungan menit saja.

Jadi, ketika ada mereka yang terkena gigita king kobra maka peluang untuk selamat itu sangat kecil. Namun, ketika ada seseorang yang tidak apa-apa setelah mendapatkan gigitan, bukan berarti orang tersebut kebal.

Tidak ada orang yang kebal ketika sudah terpapar racun king kobra. Ada penjelasan secara ilmiah dari seorang ahli mengapa seseorang tidak mengalami apapun ketika tergigit king kobra. Simak penjelasannya di bawah ini.

Kebal Gigitan King Kobra? Ini Penjelasannya

TamanPendidikan.com

Pexels.com

Berikut adalah penjelasan secara ilmiah dan logis tentang bagaimana seseorang bisa tidak terjadi apa-apa ketika mendapat gigitan dari king kobra.

Mengutip dari laman resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), king kobra dianggap sebagai ular paling cerdas di dunia karena mampu mengontrol kapan dia akan menggigit hingga mengeluarkan bisa.

Menurut Kepala Laboratorium Herpetologi Puslit Biologi LIPI, Amir Hamidy. Mengungkap bahwa king cobra bisa mengendalikan dirinya sendiri, termasuk ketika memangsa.

Ular king kobra bisa saja menggigit tanpa mengeluarkan bisa dan sebaliknya. Kondisi itulah yang menurut Amir terkadang membuat banyak orang merasa kebal akan gigitan ular king cobra.

Pada situasi tersebut ada yang namanya dry bite. Di mana orang tergigit tapi racunnya belum terpompa masuk ke dalam. Itu yang membuat orang merasa kebal dan sakti. Kalau hanya digigit tidak apa-apa. Karena king kobra bisa mengatur akan menyuntikkan racunnya atau tidak.

Kira-kira seperti itulah penjelasan mengapa seseorang tidak merasakan efek yang mematikan ketika tergigit king kobra. Hal tersebut terjadi karena king kobra hanya menggigit namun tidak menyuntikkan racun.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network