Fakta Unik Ular King Kobra Putih, Langka dan Berbau Mistis

"Meski warnanya yang begitu indah, King Kobra Putih tetap sangat berbahaya lho guys."

Edukasi | 06 February 2023, 00:03
Fakta Unik Ular King Kobra Putih, Langka dan Berbau Mistis

TamanPendidikan.com - King Kobra umumnya berwarna hijau atau cokelat gelap dengan garis-garis putih atau kuning. Mereka adalah ular berbisa terpanjang di dunia yang panjangnya dapat mencapai hingga 18 kaki.

Akan tetapi, ular King Kobra ternyata ada yang berwarna putih atau yang disebut Leucistis. Ular King Kobra leucistic adalah variasi King Kobra yang memiliki warna tubuh putih atau cream dan mata yang memiliki warna normal.

Leucistic adalah kondisi ketidakseimbangan pada sintesis melanin yang menyebabkan warna tubuh ular menjadi lebih terang. Ini berbeda dari Albinisme, di mana melanin tidak dapat diproduksi sama sekali.

Seperti ular albino, ular King Kobra leucistic juga sangat jarang ditemukan dan memiliki rentan yang sama terhadap paparan sinar matahari.

Mereka juga memiliki visibilitas yang lebih buruk dibandingkan ular King Kobra biasa dan memiliki risiko yang lebih tinggi dari serangan predator.

Namun, ular King Kobra leucistic tetap memiliki racun yang sama mematikan seperti ular King Kobra biasa dan harus dihormati dan ditakuti.

King Kobra memiliki racun neurotoksik yang dapat mematikan dengan cepat melalui sistem peredaran darah dan menyebabkan kematian dalam waktu beberapa jam.

Oleh karena itu, ular King Kobra leucistic harus diterima dengan jarak aman dan tidak boleh dipelihara tanpa pengawasan yang tepat dan pengetahuan yang memadai tentang ular ini.

Menurut banyak orang di Indonesia, ular yang berwarna putih kerap dimitoskan dengan siluman atau hal-hal mistis lainnya. Seperti serial film di China tentang legenda siluman ular putih.

Lantas, Apa Benar Ular King Kobra Putih Berbau Mistis?
TamanPendidikan.com

YouTube Anjani Putri

Sebenarnya, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ular King Cobra putih berbau mistis. Informasi bahwa ular King Cobra leucistic memiliki bau yang mistis tidak didukung oleh bukti ilmiah yang sah.

Hal ini dikonfirmasi oleh salah satu pecinta ular paling terkenal di Indonesia, Panji Petualang dalam unggahan video di kanal YouTube nya tentang ular King Kobra Putih.

"Benar-benar ini ular yang putih dan bukan siluman. Benar-benar nyata ular putih," katanya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network