King Kobra Ternyata Takut dengan Kapur Barus, Ini Alasannya

"Mengapa king kobra takut kapur barus? Ini jawabannya."

Edukasi | 07 February 2023, 03:35
King Kobra Ternyata Takut dengan Kapur Barus, Ini Alasannya

TamanPendidikan.com - King kobra adalah ular yang memiliki sengatan sangat berbahaya dan bisa menyebarkan racun mereka dengan cepat dan efektif.

Tak heran mengapa king kobra dikenal sebagai spesies ular yang memiliki reputasi sebagai salah satu ular berbisa paling mematikan di dunia.

Banyak sekali kasus kematian yang disebabkan oleh gigitan king kobra. Namun, king kobra memainkan peran penting dalam ekosistem, mereka sebagai predator dan membantu menjaga keseimbangan populasi hewan lain.

Meski dikenal sebagai ular mematikan, king kobra juga memeiliki beberapa kelemahan yang tak banyak orang tahu. Salah satunya adalah dengan bau yang menyengat. Mari simak ulasan berikut ini.

Alasan King Kobra Takut dengan Kapur Barus

TamanPendidikan.com

Pexels.com

Menurut Ketua Animal Owners Sociaty (AOS) Yogyakarta Wanda Ariesta, memaparkan cara paling efektif untuk mencegah dan menghindari masuknya ular semacam king kobra ke dalam rumah adalah dengan memberikan bau wangi yang menyengat seperti kapur barus.

Kapur barus adalah zat padat berwarna putih agak transparan serta memiliki aroma yang khas dan kuat. Anda bisa menghaluskan kapur barus kemudian menyebarkannya di sekitar rumah. Aroma wangi yang tajam dari kapur barus dipercaya dapat mencegah masuknya ular kobra ke dalam rumah.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Amir Hamidy, Peneliti Bidang Herpetologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan bahwa wewangian dengan aroma yang menyengat, termasuk kamper atau kapur barus, juga bisa digunakan untuk mengusir ular.

Ular King Kobra memiliki indera penciuman yang sangat sensitif dan mereka dapat mengenali bau dari lingkungan mereka. Ular King Kobra memungkinkan akan bereaksi terhadap bau yang mereka anggap sebagai makanan atau ancaman bagi keamanan mereka.

Nah, itulah alasan mengapa king kobra tidak suka atau lebih akan menghindari bau menyengat seperti kapur barus. Semoga menjadi pengetahuan dan manfaat bagi kalian yang membaca.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network