Semburan Ular King Kobra Ternyata Tidak Berniat Membunuh, Ini Penjelasannya

"Ketahui juga perilaku khas dari ular Kobra atau King Kobra."

Edukasi | 07 February 2023, 04:00
Semburan Ular King Kobra Ternyata Tidak Berniat Membunuh, Ini Penjelasannya

TamanPendidikan.com - King Cobra adalah jenis ular terpanjang di dunia, dapat mencapai panjang hingga 18 kaki (5,5 meter). Ular ini berasal dari Asia dan memiliki warna abu-abu atau hijau gelap dengan garis-garis melintang yang berwarna putih.

King Kobra memiliki racun yang sangat berbahaya dan mematikan bagi manusia dan hewan lain. Ular ini memakan ular dan burung, dan biasanya menghindari manusia kecuali jika merasa terancam.

Ketika ular King Kobra merasa diancam, dia akan coba menggigit manusia atau hewan lain yang mengancamnya dengan cara menyemburkan racunnya.

Meski berperilaku seperti itu, apakah kalian tahu jika King Kobra tidak ada niat untuk membunuh?

Walaupun dikenal agresif, ular king cobra sebenarnya adalah ular yang tenang. Ular ini hanya akan menunjukkan perilaku agresi apabila ia mendapatkan ancaman dari hewan lain ataupun manusia.

Sebagai tanda peringatan, ular king cobra akan berdiri menegakkan kepalanya, melebarkan tudungnya sambil membuat suara desisan yang kuat, serta dapat menyemburkan bisa ke arah lawannya.

Perilaku menyemburkan racun tidak bertujuan membunuh, namun hanya untuk pertahanan semata. Apabila bisa tersebut mengenai mata, efek yang ditimbulkan berupa kebutaan sementera, tetapi dapat hilang segera dicuci dengan air bersih

Perilaku Khas Ular Kobra

Ular kobra berburu dengan mengandalkan penglihatan dan penciumannya. Sebagaimana ular ular pada umumnya, ular kobra membaui udara dengan menggunakan lidahnya yang bercabang, yang menangkap partikel-partikel bau di udara dan membawanya ke reseptor khusus di langit-langit mulutnya.

Reseptor yang sensitif terhadap bau ini disebut organ Jacobson. Jika tercium bau mangsanya, ular ini akan menggetarkan lidahnya dan menariknya keluar masuk untuk memperkirakan arah dan letak mangsanya itu. 

Matanya yang tajam (ular kobra dapat melihat mangsanya dari jarak sejauh 100 m), indera perasa getaran di tubuhnya yang melata di tanah, dan naluri serta kecerdasannya sangat membantu untuk menemukan mangsanya.

Ular ini dapat bergerak cepat di atas tanah dan memanjat pohon dengan sama baiknya. Mangsanya, jika perlu, dikejarnya hingga di atas pohon.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network