Fakta Unik Cacing Sonari, Bisa Menjadi Bahan Pengobatan

"Punya banyak khasiat"

Edukasi | 07 February 2023, 04:23
Fakta Unik Cacing Sonari, Bisa Menjadi Bahan Pengobatan

TamanPendidikan.com - Cacing Sonari yang memiliki nama latin Metaphire Musica merupakan salah satu jenis cacing tanah yang memiliki ukuran yang sangat besar. Cacing ini memiliki bentuk yang muirip dengan M Longa yang berada di Sumatera dan sebagian di Jawa Barat.

Cacing yang banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia ini tergolong cacing yang punya ukuran besar, namun panjangnya masih belum menyamai ukuran dari cacing tanah dari Papua yakni Amynthas heurni yang ukurannya bisa mencapai satu meter.

Dalam kehidupan sehari-hari Cacing Sonari biasa digunakan sebagai bahan dari obat-obatan tradisional oleh penduduk sekitar dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang merupakan salah satu habitatnya.

Jangan salah, Cacing Sonari memiliki dua jenis yang sangat mirip yakni Metaphire Longa dan Metaphire Musica. Namun pesebaran kedua jenis ini sedikit berbeda yakni jika Metaphire Longa tersebar di daerah Sumatera dan Jawa Barat, Metaphire Musica mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga Flores.

Cacing Sonari ini berwarna coklat gelap pada bagian punggung dan berwarna lebih muda pada bagian perut. Cacing ini biasanya mencapai ukuran hingga 500 mm. Pada tubuhnya terlihat ada garis yang seperti cincin melingkar dari kepala hingga ekor.

Meski cacing ini memiliki sifat yang sama dari cacing lainnya yakni punya 2 alat kelamin yakni betina dan jantan, namun Cacing Sonari harus tetap memerlukan cacing lainnya untuk bertukar sperma untuk berkembang biak.

Cacing Sonari memiliki perbedaan dari kebanyakan jenis cacing tanah lainnya yakni punya habitat di dalam tanah atau serasah daun. Bahkan cacing ini biasanya hidup di tumbuhan dan sarang burung serta menempel di pohon-bohon besar. Terkadang Cacing Sonari juga bisa dijumpai di bagian batang pohon yang sudah lapuk. 

Cacing yang juga sering dikatakan cacing raksasa ini memiliki berbagai manfaat dalam dunia kesehatan seperti bisa untuk menjadi bahan pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti tifus, antibiotik, pelembab kulit, melancarkan pembuluh darah yang menggumpal dan sebagai anti mikroba.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network