Mengapa Burung Beo Bisa Bicara Seperti Manusia? Ini Penjelasan Ilmiahnya

"burung beo diklaim sebagai hewan yang pintar"

Edukasi | 07 February 2023, 05:10
Mengapa Burung Beo Bisa Bicara Seperti Manusia? Ini Penjelasan Ilmiahnya

TamanPendidikan.com - Burung Beo adalah salah satu jenis burung yang tergolong unik karena bisa menirukan suara manusia. Maka tak heran banyak orang yang ingin memeliharanya sebagai hiawan piaraan. Burung Beo adalah salah satu jenis burung yang bisa dijumpai hampir di seluruh negara di dunia.

Hanya sedikit burung yang bisa menirukan suara manusia bahkan dengan akse tertentu persis dengan dialog manusia. Mengutip Audubon yang dilansir dari detikedu.com, dari semua makhluk di bumi hanya dua yang bisa menghasilkan bahasa manusia yaitu manusia sendiri dan burung.

Sedangkan jenis burung yang dapat meniru ucapan manusia salah satunya adalah burung beo.

Sedangkan menurut ilmuan sekaligus ahli saraf dan ahli pembelajaran vokal dari Universitas Duke, Erich Jarvis, setiap burung yang belajar mengeluarkan suara vokal memiliki bagian otak yang khusus untuk ini. Bagian tersebut disebut dengan "song system" atau sistem lagu.

Nah lantas bagaimana burung beo bisa menirukan suara manusia? Ini penjelasan ilmiahnya

1. Burung Beo Memiliki Otak Khusus yang Disebut "Song System"

Berbeda dengan unggas atau burung jenis lainnya, Burung Beo ternyata memiliki sebuah sistem otak khusus lho. Ya, sistem otak khusus itu disebut oleh ilmuan Jarvis dengan istilah "Song System" atau sistem lagu.

TamanPendidikan.com

Burung Beo / Sumber : pixabay

"Song System" yang dimiliki oleh Burung Beo ini terdiri dari dua lapisan yakni inti dan cangkangnya. Bagian inti dimiliki semua burung, namun cangkang adalah hal yang unik yang dimiliki burung beo.

Jarvis berpendapat bahwa bagian cangkang tersebutlah yang membuat burung beo bisa bicara bahasa manusia dan menjadi peniru ahli.

2. Burung Beo Dapat Melakukan Percakapan Sebagaimana Manusia

Selain Jarvis, banyak para ilmuan lain dan para pakar yang sudah melakukan penelitian terhadap Burung Beo yang unik lataran bisa tirukan suara manusia itu. Dari salah satu situs bernama Vox menjelaskan ternyata Burung Beo dikenal sebagai hewan yang cukup pintar.

Dengan didukungnya "song system" yang dimiliki oleh burung beo, burung ini pun diklaim bisa melakukan sebuah percakapan dan membuat semacam lagu unik dari suara agar pasangannya dapat mengenalinya. Ya, jadi setiap burung beo mempunyai suara khasnya masing-masing.

Selain membuat percakapan dengan pasangan, burung beo juga bisa membuat percakapan dengan sekawanannya satu sama lain.

3. Burung Beo Mempunyai Syrinx dan Bisa Menirukan Suara Manusia

Selain mempunyai "system song" atau sistem lagu, para ahli juga mengungkap sebuah fakta menarik tentang burung beo yang bisa menirukan suara manusia.

Beberapa ahli mengungkapkan alasan burung beo bisa menirukan suara manusia karena terkait fisiologi burung beo itu sendiri. Sebagaimana dikutip dari pets.thenest.com, burung beo memiliki memiliki struktur yang disebut sebagai "Syrinx" yang mirip dengan laring yang terletak di bagian atas trakea manusia.

Syrinx pada burung beo terletak di dada bagian bawah trakea yang dapat digunakan untuk mengucapkan kata-kata manusia.

TamanPendidikan.com

Burung beo / Sumber: pixabay

Saat burung beo mencoba berbicara, suara akan melewati tenggorokan dan mulut yang kemudian dimanipulasi oleh lidah. Dengan demikianlah suara yang keluar mirip dengan ucapan manusia.

Dan para pecinta hewan, burung utamanya, juga kebanyakan mengatakan jika burung beo ini lebih mudah dilatih agar bisa menirukan suara manusia. Pengulangan kata dan intensitas mengajarinya sejak burung beo masih kecil adalah salah satu kunci kenapa burung beo bisa menirukan suara manusia. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network