Tak Cuma di Sungai Amazon, Ini 5 Fakta Unik Anaconda Ada di Indonesia

"Apa benar ular anaconda ada di Indonesia? ini fakta-faktanya."

Viral | 07 February 2023, 10:03
Tak Cuma di Sungai Amazon, Ini 5 Fakta Unik Anaconda Ada di Indonesia

TamanPendidikan.com - Dari sebuah unggahan di Media Sosial Instagram, seorang warga menjelaskan kemunculan ular anaconda di sungai Bawang, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pada akun Instagram @majeliskopi08, terlihat pada video yang diunggah, ular tersebut tengah berdiam diri di tepi sungai. Ukurannya cukup besar sontak mencuri perhatian. Sebagian besar tubuh ular anaconda itu berada di dalam sungai, sehingga hanya tampak sebagian.
TamanPendidikan.com

istimewa

“Anaconda muncul lagi…,” tulis dalam keterangan badan video.

Dengan menggunakan perahu, warga yang menemukan ular yang berdiam diri itu mencoba ‘mencoleknya’ dengan menggunakan bambu. Warga menyebut ular itu baru saja selesai menyantap manusia atau babi.

“Ular guys, di Sungai Bawang ini. Terbesar ini, tengok. Posisinya tengah makan babi entah makan orang ini,” ujar perekam video.

Tak ingin ketenangannya terganggu, ular besar itu menyodorkan kepalanya ke arah si perekam video, lalu berdiam diri lagi. Saat kepala ular didorong dengan kayu, ia kembali mencoba menyerang dengan menggunakan kepalanya, namun untungnya serangan itu tak mengenai warga.

"Ini kepalanya guys. Woy ngeri kali," teriaknya yang membuat rekan ketakutan.

"Ini anaconda ini guys, gede kali. Ini posisinya habis makan," pungkasnya menutup video.

Fakta Ular Anaconda di Indonesia

Ular anaconda adalah ular yang terkenal di dunia, hingga banyak film yang mengangkat tema tentang ular anaconda. Ular ini terkenal karena ukuranya yang luar biasa besar.
TamanPendidikan.com
istimewa

Ular anaconda telah ditetapkan menjadi ular terbesar di dunia. Tak hanya besar, ular ini memiliki kemampuan berenang yang baik. Anaconda memilih gaya hidup semi akuatik, dengan hidup di lahan basah dataran rendah dan rawa-rawa di wilayah tropis di Amerika Selatan, mencakup Brasil, Kolombia, Venezuela, dan Argentina. Untuk lebih jelasnya, ini fakta-fakta anaconda:

  1. Ular anconda hanya ada di Amerika Selatan, khususnya di kawasan hutan dan Sungai Amazon. Sehingga sangat tidak mungkin ular anaconda berada di Indonesia secara alamiah.
  2. Ular anaconda memiliki mata dan lubang hidung yang teletak di bagian atas kepala memungkinkan anaconda bersembunyi di dalam air dengan hanya setengah kepalanya yang muncul ke permukaan.
  3. Ular anaconda termasuk dalam jenis ular besar yang tergabung dalam subfamili Boinae, bersama dengan jenis ular besar lain yaitu boa.
  4. Ular Anaconda memiliki nama latin genus Eunectes, yang terdiri dari 4 spesies yaitu anakonda hijau (Eunectes murinus), anakonda kuning (Eunectes notaeus), ankonda tutul (Eunectes deschauenseei), dan anakonda bolivia (Eunectes beniensis).
  5. Dari semua jenis yang ada, anaconda hijau adalah yang terbesar. Tercatat, ular anaconda pernah ditemukan dengan bobot 227 kilogram, panjang 8,43 meter, dan ketebalan 1,11 meter.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network