Manfaat Cacing Sonari untuk Medis, Dapat Sembuhkan Berbagai Penyakit

"Punya berbagai kandungan penting"

Edukasi | 08 February 2023, 04:14
Manfaat Cacing Sonari untuk Medis, Dapat Sembuhkan Berbagai Penyakit

TamanPendidikan.com - Banyaknya kandungan enzim serta nutrisi yang lain pada cacing Sonari menimbulkan banyak sekali manfaat. Namun, perlu diketahui bahwa berbeda dengan cacing tanah pada umumnya, cacing ini memiliki ukuran dua kali lipat lebih besar daripada jenis cacing tanah pada umumnya dan memiliki warna keabuan.

Selain itu untuk mendapatkan cacing sonari pun tidak semudah mendapatkan cacing tanah pada umumnya, anda harus mendaki dan menggali terlebih dahulu.

Cacing Sonari sendiri atau dalam bahasa Latin bernama metaphire musica, adalah spesies besar cacing tanah. Cacing ini banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Meski tergolong cacing besar, panjangnya tetap tidak melebihi cacing tanah Papua Amynthas heurnia yang bisa tumbuh hingga lebih dari 1 meter.

Berikut manfaat Cacing Sonari bagi kesehatan, ternyata banyak dan jarang diketahui.

1. Menurunkan demam

Cacing sonari dapat digunakan sebagai antipiretik yang efektif. Apalagi jika Anda mengalami demam karena infeksi, caranya adalah dengan membersihkan cacing dan menjemurnya di bawah sinar matahari, kemudian digiling hingga menyerupai bubuk dan dijadikan obat. Agar lebih mudah, Anda bisa memasukkannya ke dalam kapsul kemasan obat.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Cacing sonari mengandung bahan yang dapat berperan sebagai antioksidan, yang tidak hanya digunakan untuk mencegah kanker, tetapi juga dapat digunakan untuk memperlancar peredaran darah. Untuk meningkatkan sirkulasi darah, kandungan cacing sonari harus dilepas terlebih dahulu dan kemudian diminum secara teratur.

3. Menjadi obat tifus yang efektif

Sama seperti manfaat cacing pada umumnya, sonari juga bermanfaat sebagai obat tifus, namun berbeda dengan cacing, sonari biasanya lebih cepat dan efektif mengobati penderita tifus yang lebih baik daripada cacing dan jumlahnya lebih banyak.

4. Proses metabolisme tubuh

Konsentrasi asam amino, bahan baku pembentuk protein berkualitas baik, dan jumlah enzim dalam sonari sangat berguna untuk proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme dalam tubuh  diproses dengan cepat dan benar. Jika proses metabolisme tubuh  baik, maka sistem metabolisme tidak akan terganggu.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network