Tak Cuma Burung Elang, Ini 4 Pemangsa Alami King Kobra

"Perlu Anda ketahui, pemangsa alami dari king kobra tidak cuma burung elang saja, ini beberapa pemangsa king kobra lainya."

Edukasi | 08 February 2023, 06:16
Tak Cuma Burung Elang, Ini 4 Pemangsa Alami King Kobra

TamanPendidikan.com - Siapa yang tidak merinding jika bertemu dengan ular King Kobra? Bisa dipastikan, kalau bukan pawang ular pasti akan lari. Ular king kobra (Ophiophagus hannah) merupakan ular berbisa terpanjang di dunia dengan panjang rata-rata king kobra dewasa sekitar 3 - 4,5 meter dengan berat 12 kg.

Ular king kobra adalah hewan reptil yang bergerak dengan cara melata. Ular king kobra akan mendekati mangsanya dengan menjulurkan lidahnya. Pada saat ular bergerak, tubuh ular king kobra akan membentuk lengkungan dan gerakan maju. Lidah ular yang berbentuk seperti garpu memiliki fungsi untuk merasakan getaran udara sekaligus menangkap partikel-partikel kecil di sekitarnya.

Predator Alami King Kobra

Meskipun dikenal sebagai hewan yang berbahaya, namun dalam rantai makanan ular king kobra bukanlah puncaknya. Berikut ini adalah beberapa pemangsa alami dari ular king kobra:

1. Garangan
TamanPendidikan.com

istimewa

Salah satu makanan dari garanga adalah ular. Kelebihan dari garangan ini adalah memiliki kekebalan terhadap racun kobra. Selain itu memiliki gerakan yang lincah dan gigi tajam pada garangan kuat untuk menghasilkan gigitan fatal pada ular kobra.

Ketika sedang berhadapan dengan king kobra, garangan akan berlari di sekitar cobra dan menunggu serangan, menghindar, lalu menyerang balik dengan gigitan yang mampu menghancurkan tengkorak king kobra.

2. Burung Elang Besar
TamanPendidikan.com

pixabay.com

Burung elang adalah pemangsa utama dan paling mematikan bagi king kobra. Burung elang besar ini menempati urutan teratas sebagai pemangsa king kobra.

Ketika hendak menyerang, Burung elang akan mengintai king cobra dari kejauhan, menukik ke bawah dan menyambar king cobra dengan menggunakan cakarnya. Serangan burung elang akan menyebabkan kepala hancur atau bahkan terpenggal.

3. Buaya
TamanPendidikan.com

pixabay.com

Buaya tergolong sebagai salah satu predator paling ditakuti di muka bumi. Ukuran reptil ini sangat besar, dan beberapa jenis memiliki bobot lebih dari 900 kilogram. Buaya bisa dengan cepat menggigit dan melahap ular kobra berukuran kecil secara langsung. Namun akan melakukan pertarungan lebih dulu jika melawan king kobra.

Kulit buaya yang tebal, kebal terhadap bisa ular, dan serangan yang mematikan membuat buaya dapat memakan ular kobra tanpa risiko yang berarti.

4. Burung Sekretaris
Burung sektretaris memiliki ciri khas panjang dan kelopak sayap yang menyambungkan kepala dan ekor, membentuk bentuk "S". Burung sekretaris memiliki warna coklat kemerahan dan putih, serta memiliki sayap berwarna kuning dengan garis-garis hitam.

Mereka hidup di hutan hujan tropis dan padang rumput Afrika dan memakan serangga, beberapa tumbuhan, dan biji-bijian. Burung sekretaris merupakan burung yang sangat indah dan memiliki gaya terbang yang unik dan mencolok.

Kehadiran burung sekrtaris dapat membuat ular King Kobra ketakutan. Burung sekretaris biasanya memangsa ular termasuk King Kobra dengan menggunakan kaki dan sayapnya. Burung tersebut akan menginjak-injak kepala ular King Kobra sampai mati.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network