3 Khasiat Akar Garuda Sanjeevani, Bisa Melawan Racun Bisa Ular

"Selain unik, juga menyimpan banyak khasiat"

Edukasi | 08 February 2023, 08:27
3 Khasiat Akar Garuda Sanjeevani, Bisa Melawan Racun Bisa Ular

TamanPendidikan.com - Di India ada sebuah tanaman bernama Garuda Sanjeevani. Tanaman yang disebut hanya tumbuh di daerah India dan sekitar Himalaya ini memang sejak dahulu sudah dimanfaatkan warga setempat untuk keperluan medis karena manfaat yang terkandung di dalamnya.

Salah satu bagian dari tumbuhan Garuda Sanjeevani yang biasanya dimanfaatkan adalah akarnya. Ya, akarnya pun mempunyai bentuk meliuk-liuk spiral.

Selain itu, di media sosial juga pernah viral tentang akar dari Garuda Sanjeevani yang tergolong unik ini. Dalam video yang beredar luas di medsos, tampak sebuah potongan akar Garuda Sanjeevani yang mampu bergerak melawan arus air.

Karena sifat akar rumput ini yang bergelung-gelung, maka ia mampu melawan air dituangkan ke atasnya seperti ular memanjat aliran air. Sangat menarik untuk dilihat. Akar Garuda Sanjeevani mirip dengan akar pohon yang lain, dan ternyata memilik beberapa khasiat yang cukup ampuh lho.

1. Membuat Orang Bisa Beradaptasi di Daerah Minim Oksigen

Melansir dari international.kompas menyebutkan bahwa akar yang banyak tumbuh di kawasan India dan sekitar Himalaya ini bisa membuat seseorang yang mengonsumsinya bisa beradaptasi dengan kadar oksigen yang tipis.

TamanPendidikan.com

akar Garuda Sanjeevani / Sumber: @paguyonan

Saat itu diceritakan jika banyak tentara yang mengonsumsi akar unik ini saat mereka berada di kawasan Himalaya di ketinggian tertentu dengan kadar oksigen tipis. 

2. Melawan Bisa Ular

Akar Garuda Sanjeevani ternyata mempunyai banyak kandungan yang bermanfat untuk medis. Salah satunya bisa menyembuhkan manusia dari gigitan ular berbisa.

Ya, namun sayangnya tumbuhan unik ini hanya tersedia di India dan merupakan satu-satunya tanaman aneh yang dapat menahan gravitasi.

3. Tumbuhan Ajaib

Sebuah akun medsos @paranormalio menyebutkan jika akar Garuda Sanjeevani ini ternyata disebut beberapakali dalam epos Ramayana. Dalam Agama Hindu, tumbuhan ini dipercaya bisa membangkitkan orang yang telah mati.

TamanPendidikan.com

ilustrasi / Sumber: @kaurmanjot14


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network