6 Manfaat Anggur Hutan Untuk Kesehatan, Bikin Awet Muda

"Khasiatnya cukup banyak"

Edukasi | 09 February 2023, 04:05
6 Manfaat Anggur Hutan Untuk Kesehatan, Bikin Awet Muda

TamanPendidikan.com - Anggur Hutan liar yang biasanya sering dijumpai di dalam hutan ternyata tak hanya sekedar buah yang bia dikonsumsi secara langsung karena bisa melepas dahaga bagi orang yang kebetulan berkelena dalam hutan atau para pendaki gunung.

Ternyata, buah yang memilik nama ilmiah Ampelocissus martini ini pun bisa ditemukan di berbagai negara dan benua tropis seperti Afrika, Asia, Amerka Tengah dan Osenia. Anggur Hutan setidaknya memiliki 90 spesies atau lebih.

Keluarga Vitaceae ini merupakan pemanjat atau perdu yang mudah ditemukan di hutan-hutan. Meski buahnya memiliki rasa yang lebih asam, namun anggur liar termasuk buah yang dapat dikonsumsi dan memiliki kandungan fitokimia yang sangat baik untuk kesehatan (Elsa et al., 2012).

Berikut ini beberapa manfaat Anggur Hutan untuk kesehatan, salah satunya bisa bikin awet muda

1. Kandungan dalam Anggur Hutan

Menurut Cortell dan Kennedy, 2006, Buah Anggur Hutan memiliki kandungan senyawa resveratrol oligomers, antosianin, phenolic dan flavonoid.

Biji anggur mengandung flavan-3-OLS termasuk (+) katekin, (-) epikatekin (EC), (-) epikatekin-3-O-galat, baik sebagai monomer maupun polimer proanthocyanidins.

TamanPendidikan.com

ilustrasi anggur hutan / Sumber: pixabay

Kulitnya memiliki konsentrasi flavan-3-ol (monomer proanthocyanidins yang mengandung (-) epigallocatechin) lebih rendah jika dibandingkan dengan biji anggur.

Daun anggur mengandung senyawa fenolik. Akarnya merupakan sumber alami yang mengandung fitokimia tinggi dengan aktivitas antioksidan yang dapat digunakan sebagai bahan aktif yang baik untuk kesehatan.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Senyawa aktif yang terkandung dalam anggur liar mampu menstabilkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah dan jantung, mengusir kolestrol jahat dalam tubuh.

3. Melindungi Sel dan Menangkal Radikal Bebas

Tak hanya terbatas pada buah, pada biji anggur liar juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E yang berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan DNA dan peroksidasi lipid akibat reaksi berantai radikal bebas.

TamanPendidikan.com

ilustrasi tumbuhan anggur hutan / Sumber: pixabay

4. Menghambat Bakteri Patogen

Tidak hanya satu, ternya biji Anggur Hutan pun memiliki banyak khasiat. Selain melindungi sel dan menangkal radikal bebas, bijinya yang mengandung fenolik yang dapat digunakan sebagai senyawa antibakteri untuk menghambat beberapa bakteri patogen (Pugliese et al., 2013).

5. Bikin Awet Muda

Senyawa aktif yang terkandung dalam anggur hutan bisa mengusir kolestrol jahat dan sebagai zat antiaging yang ampuh mencegah penuaan sel kulit.

TamanPendidikan.com

ilustrasi anggur hutan / Sumber:Pixabay

Artinya, buah ini juga bisa bikin orang yang mengonsumsinya jadi awet muda.

6. Meningkatkan Stamina dan Melumasi Sendi

Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram "Anggur hutan, segar" mengandung 92,3 gram air. Ini menunjukkan bahwa kandungan air termasuk tinggi.

Mengkonsumsi "Anggur hutan, segar" secara teratur sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) atau sesuai kebutuhan gizi per hari dari Kemenkes RI, sanhgat bermanfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah;

TamanPendidikan.com

ilustrasi/ Sumber: pixabay

Bisa Meningkatkan Stamina dan bisa membantu melumasi sendi. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network