Jadi Ular Terbesar di Dunia, Ini 6 Fakta Unik Tentang Anaconda

"Berikut adalah fakta-fakta unik tentang anaconda yang jadi ular terbesar di dunia."

Edukasi | 09 February 2023, 09:49
Jadi Ular Terbesar di Dunia, Ini 6 Fakta Unik Tentang Anaconda

TamanPendidikan.com - Anakonda merupakan predator puncak oportunistik dan memakan berbagai macam hewan. Anakonda remaja cenderung makan ikan, burung, dan mamalia kecil. Sedangkan, anakonds dewasa dapat mengonsumsi hewan yang jauh lebih besar, termasuk rusa, kapibara, caiman, dan burung besar. Terkadang, anakonda betina akan memakan anakonda jantan khususnya pada musim kawin. Karena ukurannya yang sangat besar, anakonda hijau mampu memakan manusia, namun ini sangat jarang terjadi.

Anakonda berasal dari wilayah utara Amerika Selatan, dan mereka banyak ditemukan di lembah Orinoco di Columbia, lembah Sungai Amazon di Brasil, dan padang rumput Llanos di Venezuela. Anakonda hidup di hutan hujan tropis dan menyukai perairan yang dangkal yang bergerak lambat. 

Fakta Unik Tentang Anaconda

Selain jadi ular terbesar di dunia, berikut adalah fakta-fakta unik ular anaconda yang perlu diketahui:

1. Ular terbesar di dunia
TamanPendidikan.com

pexels.com

Anaconda hijau adalah ular terbsar di dunia, dengan berat rata-rata sekitar 30 hingga 70 kg dan yang terberat yang pernah ditemukan adalah 227 kg. Panjang anaconda bisa mencapai 8,43 m.

2. Perilaku breeding balls saat kawin
Musim kawin anaconda adalah pada musim hujan. Ketika mencari pasangan, anaconda jantan akan mencari betina dengan menggunakan feromon dari betina. Betina dapat terlihat dalam keadaan tidak bergerak saat musim kawin, sementara jantan bergerak dari segala arah menjentikkan lidah mereka untuk feromon yang menunjukkan keberadaan betina.

Terkadang anaconda betina lajang didekati oleh beberapa pejantan dan membentuk kelompok aneh yang disebut “breeding balls.” Biasanya sekitar 12 ekor anaconda jantan membungkus betina yang sama dan mencoba kawin dengannya. Perkawinan unik ini dapat berlangsung selama 2 hingga 3 minggu.

3. Lambat di darat namun lincah di air
Anaconda adalah hewan semi aquatik dan tidak praktis hidup di darat. Tubuh anaconda yang besar membuatnya sulit bergerak di darat. Namun, ular anaconda adalah cepat lincah ketika berada di air.

4. Anaconda jantan dimakan anaconda betina
TamanPendidikan.com

istimewa

Sudah menjadi hal wajar jika anaconda hijau betina memangsa pejantan yang lebih kecil. Anaconda betina yang lebih besar menjadi alasan mengapa anaconda betina menjadi makananya. Selain itu, betina mungkin membutuhkan asupan makanan ekstra setelah berkembang biak untuk mempertahankan masa kehamilan yang lama. Sehingga seekor pejantan di dekatnya bisa menjadi sumber nutrisi bagi betina yang oportunistik.

5. Habitatnya anaconda sulit ditemukan
Anaconda hijau memilih habitat yang sulit diakses, terpencil, dan tak tersentuh. Mereka ditemukan di daerah sabana berawa Amazon yang banjir musiman, di mana bentuk-bentuk komunikasi modern hampir tidak ada sama sekali. Hanya sedikit yang berani pergi ke daerah terpencil seperti itu. Kemampuan anaconda yang luar biasa untuk menyamarkan diri membuatnya sulit untuk ditemukan dan dipelajari di alam liar.

6. Caiman dan jaguar jadi makanan anaconda
Beberapa bukti bahwa ular-ular ini bisa memangsa caiman dan jaguar. Meskipun pada umumnya anaconda menghindari mangsa seperti itu, karena mereka mungkin terluka parah atau terbunuh saat bertarung dengan mangsanya, pada beberapa kesempatan anaconda diketahui berhasil membunuh dan memakan predator lain.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network