Jarang Diungkap, Ini Cara Ular King Kobra Menyerang Mangsanya

"Selalu berhati-hati dan tetap tenang ya guys jika bertemu ular King Kobra"

Edukasi | 10 February 2023, 03:56
Jarang Diungkap, Ini Cara Ular King Kobra Menyerang Mangsanya

TamanPendidikan.com - Ular King Kobra merupakan salah satu reptil yang paling ditakuti di dunia. Racunnya yang memiliki kandungan sangat lengkap, yaitu neurotoksin, hidrotoksin dan sitotoksin dapat mengakibatkan kelumpuhan, bahkan kematian.

Selain dapat melumpuhkan korbannya, King Kobra juga dapat menyemprotkan bisa ke mata mangsanya. Semburan ular tersebut dapat menyebabkan kebutaan. Namun, tidak semua kobra dapat melakukan hal ini.

Jenis King Kobra yang bisa melakukan itu adalah Red Spitting Kobra. Ketika hendak menyerang lawannya, kobra bisa berdiri sepertiga dari badannya jika bersiap menyerang.

Berikut Cara Ular King Kobra Menyerang Mangsanya
TamanPendidikan.com

YouTube EDUTAINMENT TRANS7

Sebelum bersiap menyerang, King Kobra akan melengkukkan lehernya lebih panjang ke bawah dan bentangan leher kanan dan kirinya membentang ke bawah juga. Berbeda dengan Kobra biasa yang membentuk lekukan seperti sendok dan lebih pendek.

Jika merasa terancam, King Kobra akan memberi peringatan kepada musuhnya untuk pergi dengan suara mendesis. Selain itu, King Kobra sangat lincah dan terukur saat menyerang. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati ketika bertemu dengan ular jenis ini.

Lantas, Apa yang Harus Dilakukan Jika Bertemu Ular King Kobra?

1. Diam dan Jangan Banyak Bergerak

Jika bertemu ular kobra, usahakan untuk diam dan jangan banyak bergerak. Kobra atau ular berbisa secara umum akan menyemburkan bisa ketika terancam.

Setakut apapun dengan ular, upayakan tetap diam dan jangan lakukan gerakan kaki sama sekali. Namun, diam bukan berarti tidak meminta pertolongan. Anda bisa yang bertemu berteriak meminta bantuan.

2. Perhatikan dan Amati Ular

Biasanya ular pergi ke sudut dan pojok lemari atau barang bekas dan di bawah lemari. Saat melihat atau bertemu ular, observasi sekeliling kita. Hal ini dilakukan agar lebih aman dan mengetahui tempat yang aman untuk menyelamatkan diri.

3. Hubungi Orang Profesional

Setelah diamati dan diperhatikan secara terus-menerus lalu hubungi orang yang bisa menangani ular tersebut. Tapi ingat, jangan sampai dibunuh. Karena justru tindakan tersebut akan membahayan orang di sekitar Anda.

4. Gunakan Sapu dan Wadah

Untuk ukuran anak ular kobra, bisa menggunakan sapu untuk menekan ularnya dan pengki sebagai wadah untuk memindahkan ular tersebut. Untuk proses ini harap dilakukan dengan hati-hati-hati dan tenang.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network