Tak Hanya Pintar, Ternyata Burung Beo Sangat Setia Dengan Pasangannya

"Burung beo ternyata cukup selektif dalam memilih pasangan"

Edukasi | 10 February 2023, 06:19
Tak Hanya Pintar, Ternyata Burung Beo Sangat Setia Dengan Pasangannya

TamanPendidikan.com - Barangkali selama ini kita sering lihat sebuah gambar di undangan pernikahan, yakni gambar itu adalah sepasang burung merpati. Ya, alasannya adalah karena burung merpati selama ini dikenal sebagai burung yang sangat setia kepada pasangannya. Gambar merpati itu sekaligus sebagai harapan agar orang yang menikah bisa sama-sama setia.

Selain burung merpati, ternyata burung beo juga salah satu burung yang sangat setia kepada pasangannya lho. Mungkin hal ini tidak sefamiliar kesetiaan burung merpati. Namun sebuah studi mengatakan jika burung beo adalah burung yang sangat setia kepada pasangannya.

Seperti dilansir dari Today I Found Out, burung beo jantan akan muntah di mulut betina selama proses perkawinan berlangsung. Perilaku tersebut dilakukan burung beo berwajah putih, yang juga dikenal sebagai burung Amazon berwajah putih atau beo amazon berkacamata.

1. Musim Kawin Burung Beo

Spesies burung beo ini diketahui memulai musim kawin mereka sekitar bulan Februari, dan berlangsung hingga Juni atau Juli. Setelah memilih pasangan yang cocok, kedua burung beo akan mulai berciuman, mengunci paruh mereka dan bermain dengan lidah masing-masing.

TamanPendidikan.com

burung beo kawin / Sumber: pixabay

Ini membuat burung beo menjadi salah satu dari sedikit hewan yang terlibat dalam ritual ciuman. Setelah kawin, betina biasanya akan bertelur sekitar 3-4 telur yang mengerami selama sekitar 26 hari sebelum menetas.

2. Membutuhkan hingga Setengah Tahun untuk Menentukan Pasangan

Uniknya lagi, sebuah penelitian mengungkapkan jika seekor jantan Beo akan melakukan semacam pendekatan kepada lawan jenisnya hingga waktu 4-6 bulan.

Barangkali itulah yang membuat pasangan burung beo jika sudah berpasangan akan setia karena sebelumnya tanpa tak langsung sudah memilih pasangan yang benar-benar tepat.

3. Burung Beo Hewan yang Sangat Setia Kepada Pasangan

Keunikan burung beo juga bisa kita lihat terkait penentuan pasangan seperti dijelaskan di atas. Burung beo benar-benar selektif dalam menentukan pasangannya dan membutuhkan waktu yang tergolong lama.

TamanPendidikan.com

Sepasang Beo / Sumber: pixabay

Melansir Parrot Website, burung beo kerap disebut sebagai hewan monogami yang hanya hidup dengan satu pasangan. Selain untuk menemani dalam aktivitas, namun tentu saja untuk bereproduksi.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network