Meski Liar Anggur Hutan Bisa Dibudidayakan, Begini Caranya

"Caranya cukup simpel"

Edukasi | 10 February 2023, 08:05
Meski Liar Anggur Hutan Bisa Dibudidayakan, Begini Caranya

TamanPendidikan.com - Banyak orang yang memilih buah anggur sebagai buah favorit. Rasanya yang manis dan seidkit asam dengan kulit tipis membuat buah ini cukup banyak digemari di tanah air. Tak terkeecuali buah anggur hutan. Anggur yang hanya bisa ditemui di kawasan hutan beriklim tropis ini pun juga mempunyai rasa yang tak kalah lezat dengan buah anggur pada umumnya.

Tak seidkit orang yang akhirnya juga mencoba membudidayakan buah ini untuk bisa dinikmati buahnya alih-alih daripada membeli.

Cara menanam anggur hutan pun tak jauh berbeda dengan menanam anggur konvensioanal pada umumnya. Bisa penyemaian melalui biji buah atau menyeteknya langsung.

1. Memilih Bibit

Untuk menanam anggur hutan pilihlah bibit anggur yang baik. Hal itu bisa kita lakukan dengan menyortir biji anggur dengan cara merendamnya dalam air. Jika bijinya tenggelam, itu yang dipilih.

Jika pemilihan bibit dengan cara stek, maka pilihlha batang yang bagus. Panjang batang anggur yang distek sekitar 20 cm yang memiliki 2 sampai 3 ruas dari pohon induk.

TamanPendidikan.com

Ilustrasi pohon anggur/ Sumber: @hobitanam

Pilihlah batang yang kulitnya berwarna cokelat muda dan lapisan di bawah kulitnya berwarna hijau, bebas dari noda hitam. Pilih juga yang bagian tunasnya besar dan padat.

2. Menyemai Bibit

Menanam Anggur Hutan tak harus menggunaan lahan yang luas. Lahan yang sempit atau polybag juga bisa dijadikan tempat budidaya. Siapkan polybag sesuai dengan kebutuhan, lalu isi dengan media tanam. Media tanam anggur dalam pot adalah berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk organik.

Selanjutnya tancapkan batang anggur ke dalam polybag yang sudah diisi media tanam. Lalu, siram dengan pupuk organik cair dan letakkanlah di tempat yang teduh hingga tunas bertumbuh. Jangan lupa untuk menyiram bibit secara rutin.

3. Menanam Anggur Hutan dalam Pot (Tambulapot) Dari Biji maupun Stek Batang

Dari kedua cara di atas memang sama-sama berpotensi berhasil hingga anggur berusia 9 bulan dan panen. Baik dari biji atau batang asal dirawat dengan benar dan pemberian pupuk secara rutin, maka Anggur Hutan akan tumbuh subur.

Jika tanaman anggur sudah berumur 9 bulan, tanaman akan mulai berbuah. Tetapi, masih belum bisa dipanen. Waktu panen buah anggur yang paling tepat adalah saat sudah berusia satu tahun.

TamanPendidikan.com

Pohon anggur / Sumber: @hobitanam

Selama menunggu waktu panen, tetap siram tanaman anggur secara rutin, pemberian pupuk secar rutin, dan pemangkasan batang.

Tanaman anggur yang di dalam pot sebaiknya tidak terkena hujan secara langsung. Cukup letakkan di tempat yang teduh dengan penyinaran matahari yang cukup.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network