Diberi Makan Durian Oleh Pemiliknya, Kucing Belang Ini Ternyata Doyan Banget

"Ia mengira kalau kucingnya itu ketika disodori durian tidak akan mau, tetapi nyatanya kucing itu tetap memakannya."

Viral | 14 February 2023, 03:19
Diberi Makan Durian Oleh Pemiliknya, Kucing Belang Ini Ternyata Doyan Banget

TamanPendidikan.com - Tayangan seekor hewan karnivora yang biasanya makan daging tapi tiba-tiba doyan durian, tentu terlihat ganjil. Salah satu contoh fenomena itu dapat dilihat pada video singkat yang diuggah oleh akun @jumadisampit5038 di kanal Youtubenya. Dari video itu, warganet dapat menonton bagaimana seekor kucing justru lahap menjilati durian hingga kandas sampai ke bijinya.

Sang perekam video sekaligus pemilik dari kucing itu juga terheran-heran saat melihat kucingnya sangat doyan durian. Ia mengira kalau kucingnya itu ketika disodori durian tidak akan mau, tetapi nyatanya kucing itu tetap memakannya. Warganet pun jadi bertanya-tanya, apakah boleh hewan pemakan daging itu malah memakan durian yang berupa buah alih-alih seonggok daging?
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/DE-FmufXd-Y

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, ternyata durian boleh dimakan oleh kucing, tetapi memang sangat tidak disarankan untuk memberi makan durian kepada seekor kucing. Mengutip dari laman Kompas.com, seorang dokter hewan sekaligus dosen di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Hewan UGM, drh. Slamet Raharjo mengungkapkan kalau seekor kucing yang memakan durian itu diduga hanya sedang lapar saja atau penasaran dengan aroma durian yang menyengat, bukannya 'doyan' sebagai makanan.

Bagaimanapun juga, kucing adalah hewan karnivora sejati, si pemakan daging yang memiliki kemampuan mencerna bahan nabati (salah satunya durian) dalam jumlah yang sangat terbatas. Tentu hal itu akan membahayakan keselamatan sang kucing.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/DE-FmufXd-Y

Di sisi lain, hal yang tak kalah berbahaya jika kucing memakan durian adalah durian memiliki kandungan gula yang tinggi sekaligus alkohol. Kandungan gula pada durian berbahaya bagi kucing, sebab kucing tidak mampu mencerna gula atau karbohidrat tinggi, sehingga mengakibatkan terjadinya diabetes pada kucing.

Karena durian dinilai tidak baik untuk dikonsumsi oleh kucing, sebaiknya pemilik tidak memberi makan kucing dengan durian agar kucing peliharaannya tetap sehat.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/DE-FmufXd-Y

Sebagai tambahan informasi, ternyara tidak semua kucing itu doyan durian. Beberapa di antaranya justru sebaliknya, yakni tidak suka bahkan sampai mual mau muntah, sama seperti manusia yang tak suka durian.

Mengutip dari beberapa referensi, kucing yang mual ketika mencicipi durian itu biasanya disebabkan oleh aroma durian yang menyengat. Aroma itu akan mempengaruhi indra penciuman kucing.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/DE-FmufXd-Y

Di mana indra pennciuman kucing dapat mempengaruhi sistem transmisi saraf. Oleh karena itu, ketika seekor kucing mencium aroma yang sangat menyengat, maka kucing itu akan bergejala seperti bersin atau mau muntah.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network